Jawa Pos

Bermunajat agar Tambah Makmur

-

SABTU (22/4) masyarakat Desa Jiken, Tulangan, dengan mengenakan pakaian serbaputih berbondong-bondong menuju makam desa. Mereka memenuhi kawasan makam desa setempat. Saat itu Desa Jiken menggelar peringatan haul Ja’far Shodiq atau dikenal juga sebagai Mbah Ja’far.

Di area makam Islam Desa Jiken tersebut, Ja’far Shodiq dimakamkan. Lokasinya berada di RT 5, RW 1. Dari jauh, makam tersebut memang terlihat sama dengan kawasan pemakaman pada umumnya. Pagar putih setinggi 1 meter mengelilin­gi kawasan itu. Batu-batu nisan sederhana dicat putih. Pohon kamboja tampak tumbuh di beberapa titik.

Di bagian tengah makam, terdapat sebuah makam dengan kesan berbeda. Ya, makam itu adalah makam Mbah Fa’jar. Meski nisan dan batu pemakamann­ya masih sama, makam itu dilindungi dengan pendapa kecil. Lengkap dengan atap dan dinding yang dicat putih bersih.

Ja’far Shodiq adalah ulama sekaligus sesepuh yang menyebarka­n Islam melalui pendidikan di Desa Jiken. Jasanya terus diingat dan dihayati segenap masyarakat desa secara turun-temurun. Menurut Kepala Desa Jiken Supomo, Mbah Ja’far merupakan ulama yang tersohor. Tidak hanya di Tulangan, tapi juga di Jawa Timur. ’’Peninggala­nnya berupa masjid tertua kedua setelah Masjid Al Abror Kauman,” ungkapnya.

Peringatan tersebut diadakan setiap Rajab. Masyarakat diajak mengenang kembali perjuangan Mbah Ja’far dalam menyebarka­n ilmu agama serta pengetahua­n sosial. Terutama dalam mengajarka­n perlunya bergotong royong untuk mencapai kemakmuran. ’’Ya nggak makmur secara materi saja. Tapi, juga secara batiniah harus ayem,” imbuh Supomo yang malam itu juga memimpin doa bersama.

Lantunan zikir menggema sejak bakda magrib. Rangkaian Asmaul Husna dikumandan­gkan bergantian untuk melengkapi munajat yang mereka panjatkan. Supomo mengatakan bahwa zikir dengan menyebutka­n 99 nama Allah SWT merupakan ajaran Mbah Ja’far yang selalu dipegang teguh dan diajarkan sejak dirinya masih anak-anak. ’’Harapannya ya Desa Jiken makin makmur. Habis ini pasar desa di- launching, semoga membuat warga tambah baik ekonominya,” ucap Supomo. ( via/c7/dio)

 ?? RESVIA AFRILENE/JAWA POS ?? MENGENANG ULAMA: Juru kunci makam Desa Jiken Buchori mempersiap­kan pelataran untuk haul Mbah Ja’far Sabtu (22/4).
RESVIA AFRILENE/JAWA POS MENGENANG ULAMA: Juru kunci makam Desa Jiken Buchori mempersiap­kan pelataran untuk haul Mbah Ja’far Sabtu (22/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia