Jawa Pos

Bupati Semangati Desa Calon Juara

-

GRESIK – Bupati Sambari Halim Radianto tiba-tiba muncul di Desa Sambogunun­g, Kecamatan Dukun. Di desa yang tengah mengikuti lomba nasional perilaku hidup bersih sehat (PHBS) tersebut, Sambari menyatakan bangga kepada warganya. Mereka mewakili Jawa Timur.

Bukan lomba itu perhatian utamanya. ’’ Saya melihat budaya hidup sehat semakin kental. Semakin tertata dan bersih,’’ ujar Sambari kemarin (25/4) yang juga mengecek kesiapan warga. Budaya itulah yang lebih penting untuk selalu diterapkan.

Desa Sambogunun­g punya banyak kesempatan. Desa tersebut masuk kancah nasional berkat sejumlah keunggulan. Salah satunya, pengadaan dan penataan sarana kebersihan. Misalnya, ada tempat cuci tangan di depan setiap rumah. Keberadaan sarana kebersihan menjadi cermin hidup sehat. Masyarakat tidak perlu pergi ke belakang rumah saat hendak membersihk­an fisiknya. ’’ Saya juga tertarik dengan banyaknya tanaman sayur,’’ katanya.

Camat Dukun Sunarto memastikan tingkat konsumsi sayur-mayur dan buah-buahan warganya semakin meningkat. Produk tidak hanya untuk konsumsi pribadi. Sebagian dijual untuk menambah pendapatan keluarga. ’’ Ada yang dititipkan ke warung-warung,’’ kata Narto.

Yang membanggak­an, lanjut mantan camat Tambak itu, konsumsi rokok di wilayahnya berkurang. Perubahan positif tersebut dipengaruh­i keputusan masyarakat setempat. Asbak hanya diletakkan di luar rumah.

Selama ini budaya antirokok ditindakla­njuti melalui kebijakan Kades setempat. Kepala Desa S am b o gunung menerbitka­n perdes (peraturan desa) yang disosialis­asikan para anggota BPD, ketua RW, dan ketua RT kepada warga. Sanksinya jelas. ’’ Kami optimistis juara,’’ kata Narto.( hen/c15/roz)

 ?? PEMKAB FOR JAWAPOS ?? AYO SEMANGAT: Bupati Sambari menyemanga­ti warga Desa Sambogunun­g untuk terus menerapkan pola hidup sehat dan menjadi juara nasional.
PEMKAB FOR JAWAPOS AYO SEMANGAT: Bupati Sambari menyemanga­ti warga Desa Sambogunun­g untuk terus menerapkan pola hidup sehat dan menjadi juara nasional.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia