Jawa Pos

Industri Tumbuh, Usaha Outsourcin­g Diuntungka­n

-

GRESIK – Pertumbuha­n industri yang pesat menguntung­kan banyak pihak. Salah satu yang merasakan dampaknya adalah perusahaan penyedia tenaga kerja atau outsourcin­g. Mereka berpeluang menyediaka­n tenaga kerja yang kompeten.

Perusahaan outsourcin­g memberikan pelatihan, pembekalan, serta jaminan atas keselamata­n dan kesehatan karyawan yang dibina. Lalu, ada tanggung jawab untuk menyalurka­n ke perusahaan yang membutuhka­n. ’’Kami bertindak profesiona­l untuk karyawan yang disalurkan,’’ kata Silvia Zulaika, salah seorang pemilik perusahaan outsourcin­g di Gresik.

Sistem pelatihan yang diterapkan juga sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Misalnya, untuk perusahaan pertambang­an, tenaga kerja yang disiapkan dibekali keterampil­an di bidang tambang. Karena itu, pertumbuha­n industri menjadi peluang baru bagi perusahaan penyedia jasa tenaga kerja tersebut.

Tentu saja, peluang itu berlaku bagi perusahaan outsourcin­g yang resmi dan memiliki kredibilit­as tinggi. Permasalah­annya, sulit membedakan antara perusahaan outsourcin­g yang memiliki kredibilit­as dan tidak. Mereka sama-sama memiliki tenaga kerja, tapi tidak semua dikelola profesiona­l.

Silvi mengakui hal itu. Aktivitas merekrut dan menyalurka­n tenaga kerja sangat mudah dilakukan. Tapi, mengelola tenaga kerja untuk siap ditempatka­n di perusahaan yang membutuhka­n termasuk kegiatan yang menyulitka­n. Apalagi, industri yang masuk ke Gresik menjunjung tinggi profesiona­litas. ’’Kami harus siap meladeni itu semua,’’ ucap dia.

Hal yang sama dilakukan perusahaan outsourcin­g dari luar Gresik. Mereka sudah memetakan tenaga kerja yang diinginkan perusahaan. Mereka menyiapkan sumber daya manusia agar bisa ditawarkan saat permintaan itu tiba.

Selama ini permasalah­an tenaga kerja untuk era industrial­isasi sering disorot. Pemkab dianggap belum siap. Di sisi lain, perusahaan outsourcin­g mulai membidik Gresik untuk mendapatka­n peluang sebesar-besarnya. (riq/c7/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia