Jawa Pos

Swedia Tawarkan Infrastruk­tur

-

BOGOR – Indonesia berkesempa­tan mendapatka­n transfer teknologi di bidang transporta­si. Kerajaan Swedia menawarkan kerja sama riset dalam pengembang­an infrastruk­tur transporta­si sebagai bagian dari kunjungan kenegaraan Raja Swedia Carl XVI Gustaf kemarin (22/5). Bidang infrastruk­tur transporta­si merupakan satu di antara tiga kerja sama yang ditandatan­gani. Selain itu, ada kesepakata­n bebas visa untuk pemegang paspor diplomatik dan kerja sama di bidang industri kreatif.

Menlu Retno Marsudi menuturkan, tawaran Swedia berlaku untuk seluruh jenis transporta­si. Baik darat, laut, maupun udara. ” Coverage- nya adalah inovasi, riset, produksi, perawatan, dan pendidikan,” ujarnya di Istana Bogor kemarin. Swedia memiliki sistem transporta­si umum yang tergolong maju dan nyaman.

Menteri Perhubunga­n Budi Karya Sumadi menuturkan, sebenarnya keunggulan utama Swedia ada pada transporta­si udara. Namun, karena transporta­si daratnya juga berkualita­s baik, pemerintah Indonesia cenderung mengincarn­ya. Khususnya moda transporta­si bus. Dia mengisyara­tkan, pemerintah mengincar bus yang diproduksi Swedia. ”Kalau bisa, produksiny­a nanti di sini, jangan di sana,” tuturnya. Meski demikian, pihaknya masih menanti tawaran detail dari pemerintah Swedia mengenai kerja sama infrastruk­tur transporta­si. Rencananya, hal itu dibicaraka­n lebih lanjut hari ini. (byu/c11/oki)

 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ?? INSPEKSI PASUKAN: Presiden Joko Widodo (kiri) menyambut Raja Carl XVI Gustaf di Istana Bogor kemarin (22/5).
RAKA DENNY/JAWA POS INSPEKSI PASUKAN: Presiden Joko Widodo (kiri) menyambut Raja Carl XVI Gustaf di Istana Bogor kemarin (22/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia