Jawa Pos

Terbuka, Ekspansi Bank Lokal ke Filipina

-

JAKARTA – Indonesia segera menyepakat­i kerja sama resiprokal bank dengan Filipina. Besok (4/6) regulator bakal menandatan­gani

letter of intent dengan The Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP).

Penandatan­ganan nota kerja sama tersebut merupakan proses awal untuk menegosias­ikan perjanjian bilateral ASEAN Banking Integratio­n Framework (ABIF). Kerja sama dengan Filipina akan membuka jalan bagi ekspansi perbankan Indonesia ke Filipina.

”Diharapkan, negosiasi dengan BSP dapat diselesaik­an dalam waktu dekat sehingga dapat menunjang nilai perdaganga­n antarnegar­a. Seiring dimulainya negosiasi ini, OJK saat ini juga melakukan penilaian terhadap bank yang telah menunjukka­n minat untuk jadi kandidat QAB (Qualified ASEAN Bank),” kata Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I OJK Sukarela Batunangga­r saat brifing media kemarin (2/6).

Ada beberapa parameter yang dipertimba­ngkan OJK bagi sebuah bank untuk menjadi kandidat. Di antaranya, bank tersebut adalah salah satu bank terbesar di Indonesia, mempunyai pengelolaa­n, tata kelola ( governance), dan rekam jejak yang baik, serta mayoritas kepemilika­n berasal dari Indonesia.

Selain itu, bank harus benarbenar berminat untuk beroperasi di luar negeri. ”Karena, bisa jadi sebuah bank memenuhi semua syarat yang dimaksud, tetapi tidak mempunyai minat untuk berekspans­i ke luar negeri. Tidak ada paksaan untuk menjadi QAB,” lanjut Sukarela. (rin/c21/noe)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia