Jawa Pos

Tiga Wakil Lolos ke Semifinal

Greysia/Apriyani Ditarget Masuk Final

-

BANGKOK – Perjuangan wakil Indonesia di Thailand Open Grand Prix Gold (GPG) 2017 berlanjut. Pada semifinal hari ini, Merah Putih menyisakan tiga delegasi di tiga nomor. Mereka adalah ganda putra Berry Angriawan/Hardianto, Greysia Polii/ Apriyani Rahayu di ganda putri, dan Jonatan Christie (tunggal putra).

Mereka punya kans besar bisa melaju hingga babak final. Pada babak 8 besar kemarin (2/6), Greysia/Apriyani menggebuk wakil Australia Setyana Mapasa/Gronya Somerville dua game langsung 22-20, 21-11. Setyana pernah menjadi bagian tim junior Pelatnas Cipayung sebelum pindah ke Australia.

Berry/Hardi berhasil mengatasi Han Chengkai/Zhou Haodong (Tiongkok) 21-18, 24-22. Adapun Jojo unggul atas Brice Laverdez (Prancis) 22-15, 21-19. Sesuai dengan ekspektasi tim pelatih sebelumnya, tiga wakil Merah Putih itu diharapkan bisa bermain maksimal hingga babak final.

Pelatih ganda putri Eng Hian mengatakan, Greysia/Apriyani harus bisa masuk final. Greysia menilai, secara teknis permainann­ya sudah tidak banyak mengalami masalah. Termasuk urusan rotasi. Sebab, Greysia saat ini mengambil peran sebagai playmaker di depan. Porsinya adalah 60 persen di depan dan sisanya di belakang.

’’Tetapi, kami harus meningkatk­an koordinasi, terutama setelah pengembali­an servis,’’ kata Greysia dalam surat elektronik PP PBSI. Kans keduanya untuk bisa mewujudkan ekspektasi pelatih mereka, Eng Hian, cukup besar.

Di semifinal hari ini Greysia/Apriyani menghadapi wakil tuan rumah Savitree Amitrapai/Pacharapun Chochuwong. Adapun Jojo akan meladeni Joo Ven Soong (Malaysia). Sedangkan Berry/Hardi bersua unggulan keempat asal Inggris Marcus Ellis/ Chris Langridge.

Kepala Bidang Pelatnas PP PBSI Lius Pongoh menyatakan, target juara dikembalik­an kepada setiap pebulu tangkis. ’’Saya kira, kalau kelas GPG, mereka seharusnya bisa mengambil gelar,’’ katanya.

Sebenarnya Indonesia bisa menempatka­n lebih banyak wakil di babak semifinal. Namun, empat wakil yang lain terhenti di delapan besar. Termasuk pasangan baru Ronald Alexander/ Annisa Saufika di ganda campuran.

Mereka kalah oleh wakil Singapura Hee Yong Kai/Tan Wei Nan dalam rub

ber game 21-14, 14-21, 19-21. Kekalahan juga dialami ganda putra pelapis, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, yang tumbang di tangan pasangan Jerman Mark Lamsfuss/Marvin Emil Seidel 1021, 20-22. (nap/c4/tom)

 ?? WAHYUDIN/JAWA POS ?? MAKIN PADU: Greysia Polii (kanan) dan Apriyani Rahayu ketika tampil di Piala Sudirman 2017.
WAHYUDIN/JAWA POS MAKIN PADU: Greysia Polii (kanan) dan Apriyani Rahayu ketika tampil di Piala Sudirman 2017.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia