Jawa Pos

Lemah tanpa Dua Pilar Asing

-

BEKASI – Aji Santoso tertunduk lesu setelah Aprisman Aranda, wasit asal Padang, Sumatera Barat, meniup peluit panjang. Langkahnya saat meninggalk­an lapangan di Stadion Patriot, Bekasi, juga terlihat berat. Itu terjadi setelah tim besutannya, Arema FC, kalah 0-2 oleh tuan rumah Persija Jakarta tadi malam.

’’Ini adalah laga yang sangat sengit. Tapi, cukup disayangka­n karena kami gagal meraih poin dari laga ini,’’ sesal Aji. ’’Cukup disayangka­n memang. Toh, semua gol yang dilesatkan Persija terjadi bukan karena kerja sama tim yang bagus, melainkan pemain kami kurang antisipasi dua gol itu,’’ lanjut dia.

Mantan pemain dan pelatih Persebaya itu beralasan, hasil buruk tersebut harus diterima lantaran tidak bermain dengan komposisi tim terbaik. Sebab, sehari sebelum laga dua pemain pilar tim asal Malang, Jatim, itu mengalami gangguan fisik. Mereka adalah gelandang serang Esteban Vizcarra yang mengalami cedera dan bek Arthur Cunha sedang sakit.

Tanpa keduanya, Arema kesulitan. Mereka kebobolan oleh gol Bruno Lopes pada menit ke-23 dan Rohit Chand (28’). Tuan rumah sejatinya berpeluang memperteba­l kemenangan lewat sepakan penalti pada menit ke-53. Sayang, Bambang Pamungkas gagal menjalanka­n tugasnya.

Kendati begitu, Aji menuturkan bahwa tim besutannya sudah bermain cukup bagus. Terutama pada babak kedua. Memang, setelah turun minum, Aji sempat melakukan perombakan dengan menarik keluar Cristian Gonzales dan memasukkan Arif Suyono pada menit ke-66. ’’Pergantian ini cukup efektif karena saya lihat kami sulit menembus lini belakang lawan,’’ terangnya.

Berbeda dengan Aji, pelatih Persija Stefano ’’Teco’’ Cugura meluapkan ekspresi kegembiraa­nnya begitu peluit panjang berbunyi. Pria asal Brasil itu pantas senang. Sebab, itu kemenangan pertama mereka dalam enam pertanding­an terakhir. ’’Saya mengucapka­n banyak terima kasih atas support Jakmania,’’ ucapnya.

Menurut Teco, kemenangan itu awal bagi Persija untuk memberikan hasil terbaik dalam setiap laga. Tetapi, ada satu hal yang lebih penting bagi pria asal Brasil itu, yakni Persija sudah mulai keluar dari situasi buruk. ’’Intinya, tim belum menang. Saya tetap kerja, tetap fokus buat memotivasi pemain,’’ papar dia.

Teco memang butuh kerja keras dalam laga-laga berikutnya. Sebab, kemenangan tersebut belum mampu mengubah peringkat tim ibu kota itu di posisi klasemen sementara. Saat ini Persija terbenam di peringkat ke-15 klasemen dengan menguasai 9 poin dari total delapan pertanding­an.

Teco juga mengungkap­kan bahwa dengan mengalahka­n Arema, setidaknya Bambang Pamungkas dan kawan-kawan bisa lebih percaya diri saat melawan PS TNI pada pertanding­an berikutnya. ’’Saya berharap, hasil bagus ini tidak hanya sampai di sini. Saya optimistis kami bisa melakukan yang terbaik dalam laga berikutnya,’’ tuturnya. (ben/fiq/c4/ham)

 ?? SALMAN TOYIBI/JAWA POS ?? BANGKIT: Para pemain Persija merayakan kemenangan mereka atas Arema di Stadion Patriot, Bekasi, tadi malam.
SALMAN TOYIBI/JAWA POS BANGKIT: Para pemain Persija merayakan kemenangan mereka atas Arema di Stadion Patriot, Bekasi, tadi malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia