Jawa Pos

Takhta Bisa Beralih

-

23 23232 3 33 33333 28 28282 8 86 86868 6 15 15515151 5 10 95 959 95959 80 ROBERT RENE ALBERTS

MAKASSAR – PSM Makassar nyaris selalu bertakhta di puncak klasemen sementara Liga 1 dalam delapan pekan yang telah berjalan. Hanya pekan kedua dan ketiga mereka kehilangan kekuasaan. Dan, pekan ini mereka berpotensi kembali kehilangan takhta klasemen.

Ya, meski bermain di markasnya, Stadion Andi Mattalatta, Makassar, lawan yang dihadapi sungguh berat. Lebih menegangka­n lagi karena sang tamu, Persipura Jayapura, bisa menjadi pendongkel kekuasaan mereka malam ini TVOne 20.30 WIB).

Persipura saat ini hanya tertinggal satu angka oleh PSM. Selain itu, PSM tidak pernah menang melawan Persipura dalam lima pertanding­an terakhir di Stadion Andi Mattalatta.

’’Laga ini sangat serius. Bahkan, ini sudah menjurus ke pribadi saya. Kami akan berjuang mengeluark­an kemampuan terbaik. Kita lihat PSM belum pernah menang dalam 12 tahun. Saya hargai Persipura sebagai tim besar. Namun, kini tim serius 9 25 2525 bersaing meraih juara,’’ kata pelatih PSM Robert Rene Alberts. Pernyataan Alberts tidak berlebihan. Sebab, hingga memasuki pekan kesembilan, PSM selalu meraup poin penuh saat tampil di Stadion Andi Mattalatta. Catatan itulah yang ingin diperpanja­ng mereka malam ini. Di atas kertas, tim tamu memang punya rekor bagus berhadapan dengan PSM. Dari 19 laga sejak 2005, PSM hanya mampu satu kali menang, 7 imbang, dan 11 kali kalah. Bahkan, dalam sembilan laga kandang saja, Boaz Solossa mampu dua kali mengalahka­n PSM, enam kali menahan imbang, dan sekali kalah. Untuk bisa mengalahka­n Mutiara Hitam –julukan Persipura– memang tidak mudah meski PSM bermain di kandang. Apalagi, Persipura punya semangat lebih setelah meraih kemenangan pada laga sebelumnya. Selain itu, Persipura sudah bisa diperkuat sang kapten Boaz Solossa. Mesin gol sekaligus kapten tim itu akan menjadi ancaman. Apalagi, pemain berkaki kidal itu san- LIESTIADI gat fit karena dua pertanding­an terakhir tidak bermain.

Berbeda dengan tuan rumah yang sedang bermasalah dengan ketajaman. PSM hanya bisa bermain imbang melawan tim zona degradasi Persegres 1-1. Ini pun akan menjadi pertanding­an berat bagi Pasukan Ramang. Apalagi, jarak poin di tabel klasemen sementara hanya satu angka.

’’Kami akan memainkan pola permainan terbaik. Tetap pegang bola di area tertentu. Mereka tim yang tidak gampang panik. Makanya, sekian lama mereka tetap eksis,’’ ujar Alberts.

Di sisi lain, pelatih Persipura Liestiadi mengatakan bahwa timnya sudah siap meski tanpa beberapa pemain belakang, yakni Yustinus Pae dan Ruben Sanadi.

’’PSM berbeda dengan lawan kami sebelumnya. Mereka kini tim favorit juara. Sangat wajar kami target satu poin. Intinya, kami tidak kalah di sini,’’ kata Liestiadi. (io/JPG/c4/ham)

 ?? HANS/CEPOS GRAFIS: BOEDIONO/JAWA POS DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? 20 202 0 pukul (siaran langsung 1
HANS/CEPOS GRAFIS: BOEDIONO/JAWA POS DIPTA WAHYU/JAWA POS 20 202 0 pukul (siaran langsung 1

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia