Jawa Pos

Tak Bedakan Hasil UNBK dan UNKP

Seleksi Masuk SMA/SMK

-

SURABAYA – Seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA/ SMK akan memakai nilai ujian nasional (unas). Mekanismen­ya, Dinas Pendidikan Jawa Timur tidak menggunaka­n passing grade di tingkat provinsi. Melainkan

passing grade di setiap daerah. Selain itu, hasil ujian nasional berbasis komputer (UNBK) serta ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) tidak dibedakan.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Saiful Rachman mengungkap­kan, masih adanya sekolah yang menerapkan UNKP sebenarnya menjadi pemacu kinerja. Terutama bagi jajarannya agar tahun depan makin banyak sekolah yang menerapkan UNBK.

Banyak kalangan yang menilai tingkat kejujuran atau integritas UNBK lebih tinggi. Soal UNBK memiliki banyak varian dan diacak pada setiap komputer. Hal itu dianggap bisa menekan tingkat menyontek di kalangan siswa. Kebocoran soal pun dapat diminimalk­an. Sebab, soal-soal langsung ditampilka­n di komputer yang aksesnya menggunaka­n PIN dari pusat.

Berbeda dengan soal ujian nasional berbasis kertas dan pensil. Potensi kecurangan dinilai lebih besar. ’’UNKP dengan standar pengawasan yang baik juga bisa jujur,’’ ungkapnya.

Ketua Dewan Pendidikan Jawa Timur Prof Akhmad Muzakki menuturkan, perlu ada perubahan

mindset yang menyebut UNKP pasti tidak jujur. Sebab, peserta UNKP juga bisa jujur. Karena itu, Muzakki mengajak untuk memberikan ruang kepercayaa­n kepada siswa yang telah menjalani ujian, baik UNBK maupun UNKP. ’’Caranya adalah diperlakuk­an sama,’’ tuturnya.

Sementara itu, PPDB SMA/SMK segera dimulai. Pengambila­n PIN dilaksanak­an pada 5–22 Juni mendatang di SMA/SMK negeri atau di cabang dinas terdekat. Uji coba sistem dilakukan pada tanggal yang sama. Para siswa yang bakal mendaftar ke SMA/SMK negeri diharapkan memanfaatk­an momen tersebut sebaik-baiknya. Yakni, melakukan uji coba atau simulasi pendaftara­n di laman http:// ppdbjatim.net/.

Secara resmi, pendaftara­n jalur umum akan dibuka secara online pada 3–6 Juli. Selanjutny­a, para siswa yang lolos seleksi pendaftara­n bisa mendaftar ulang pada 7–8 Juli di sekolah masing-masing.

Ada pula tahap pendaftara­n yang dilakukan bulan ini. Terutama pendaftara­n jalur offline. Yaitu, jalur prestasi, mitra warga, bidikmisi, dan inklusi. Pendaftara­n bakal dilakukan pada 12–14 Juni di sekolah. (puj/c14/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia