Jawa Pos

Seluruh Siswa SMP/MTs Lulus

-

GRESIK – SMP Negeri 1 Gresik masih menahbiska­n diri sebagai sekolah terbaik. Dalam perolehan nilai Unas 2017 yang diumumkan kemarin (2/6), peringkat sepuluh besar terbaik diborong siswa sekolah tersebut. Kejujuran mereka dijamin.

Peraih nilai terbaik se-Gresik adalah Maulana Yoga Pratama. Nilai totalnya 383,50. Maulana dapat nilai sempurna 100 untuk matematika. Bahasa Indonesia 96,00; bahasa Inggris 90,00; dan IPA 97,50 ( selengkapn­ya lihat grafis).

Kepala SMPN 1 Gresik Djamali mengaku bangga kepada siswasiswi­nya. Dia memastikan nilai tersebut murni menggambar­kan kemampuan anak didiknya. Tidak ada manipulasi meski siswa memperoleh nilai sama pada beberapa mapel. Dia memastikan siswa jujur 100 persen. Mereka menggunaka­n ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

” Tidak disangsika­n lagi. Ini gambaran kemampuan siswa di ujian nasional. Kami sangat bangga,” kata Djamali.

Secara keseluruha­n, capaian nilai unas SMP/MTs turun tahun ini. Indikasi tersebut terlihat dari nilai rata-rata unas SMP/MTS yang mencapai 232,46. Padahal, pada Unas 2016, nilainya mencapai 271,43. Bahkan, pada 2015 mencapai 299,5 dan 2014 mencapai 301.

Meski demikian, Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik menyatakan, nilai rata-rata siswa Gresik masih di atas rerata Provinsi Jatim, yaitu 226,04. ”Artinya, nilai siswa Gresik masih berada di atas ratarata Jatim,” kata Sekretaris Dispendik Gresik Nur Iman Syoleh.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Nur Maslichah mengakui secara umum nilai unas turun tahun ini. Tren penurunan terjadi secara nasional. Faktornya beragam. Selain karena nilai unas bukan lagi penentu kelulusan siswa, kualitas soal unas juga meningkat.

Dia berharap hasil unas bisa menjadi parameter nilai kejujuran dan integritas siswa dan lembaga. Di Gresik, 88 sekolah mengikuti UNBK. Selebihnya paper based test (PBT).

Di sisi lain, seluruh siswa, baik SMP maupunMTs, dinyatakan lulus. Jumlahnya sekitar 18.901 siswa dan tersebar di 250 lembaga. ’’Belum ada laporan yang tidak lulus. Semuanya lulus,” ujar Nur. (mar/c10/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia