Jawa Pos

Hijabkan Kaum Hawa Kota Santri

-

GRESIK – Komunitas Hijabers Gresik meluncurka­n program unik. Namanya sedekah hijab. Dimulai saat Ramadan yang penuh berkah ini, kemarin (2/6) program baru tersebut diharapkan mampu semakin membumikan hijab di Kota Wali.

Pembagian sedekah hijab dilangsung­kan door-to-door sepekan sekali selama Ramadan. Salah satu target utamanya adalah wilayah Gresik Utara dan Selatan. Presiden Komunitas Hijabers Uly Darojah menyatakan, sedekah unik tersebut punya misi khusus. Yakni, mengubah anggapan bahwa hijab itu mahal dan perlu anggaran khusus untuk membelinya.

”Jangan sampai keterbatas­an ekonomi berakibat kaum hawa jadi nggak berhijab,” papar perempuan 27 tahun itu.

Program sedekah hijab baru dilakukan Ramadan ini. Pada Ramadan 2016, mereka menggagas program mukena bersih. Yakni, mengambil mukena kotor dari musala maupun masjid untuk dicuci bersih. Setelah itu, dikembalik­an dengan tambahan mukena baru.

”Melihat antusiasme anggota dalam pengumpula­n hijab, tertutup kemungkina­n program ini terus lanjut sampai di luar Ramadan,” papar ibu satu anak tersebut. ”Daripada sekali-dua kali pakai terus memenuhi lemari, mending disedekahk­an. Tapi, dengan catatan kondisi hijabnya masih bagus,” terang dia.

Sofia, istri Ketua DPRD Gresik Abdul Hamid, hadir dalam peluncuran program tersebut. Dia mengapresi­asi pengumpula­n dan pembagian hijab itu sebagai hal positif. ”Supaya makin banyak yang pakai hijab, terutama anakanak mudanya. Ketimbang pakai yang mini-mini,” ujar dia. Sofia turut memberikan sembako dan memakaikan hijab kepada anak yatim dan kaum duafa. (hay/c6/roz)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? nggak
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS nggak

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia