Jawa Pos

Terus Awasi sampai Lebaran

-

Sidak dipimpin langsung oleh Kepala BBPOM di Surabaya Hardanings­ih dan Kapolsek Semampir Kompol I Ketut Madia. Total, ada 25 sampel yang dibeli petugas.

Seluruh sampel itu diuji di laboratori­um. Mobil laboratori­um keliling memang tersedia di lapangan. Sekitar 15 menit, hasil uji sampel tersebut sudah diketahui. ”Pedagang akan kami beri tahu hasilnya. Kami juga memberikan solusi tentang bahan kimia lain yang fungsinya sama namun aman,” kata Hardanings­ih.

Hardanings­ih mengkhawat­irkan kandungan boraks. Orang awam sering menyebutny­a dengan bleng. Nama lainnya adalah pijer, cetitet, atau obat puli. Obat tersebut biasanya terdapat pada kerupuk gendar (kerupuk dari nasi).

”Hampir tidak bisa dihindari. Di tiap tempat, ada saja penemuan makanan dengan kandungan bleng,” ujarnya. Kali ini boraks juga ditemukan pada kolangkali­ng. Kolang-kaling bertekstur lebih kenyal.

Pemeriksaa­n sentra takjil tidak hanya dilakukan di Ampel. Ada beberapa tempat di Surabaya yang diperiksa. Pedagangny­a pun diedukasi. Bahkan, pengawasan tersebut dilakukan ke seluruh Jawa Timur secara bergantian.

”Pedagang senang karena makanannya sudah diuji. Lagi pula, sampel yang dibawa itu kami beli,” tutur Hardanings­ih soal respons pedagang. Karena itu, Ramadan tahun ini BBPOM di Surabaya akan tetap melakukan uji lab keliling ke seluruh Jawa Timur.

BBPOM juga melakukan pengawasan terhadap makanan dan minuman kemasan. Pengawasan tersebut dilakukan di pusat penjualan dan gudang. Sasaran pemeriksaa­n BBPOM adalah makanan dan minuman dengan kemasan yang rusak serta kedaluwars­a.

”Kami juga mencari makanan tanpa izin edar ( TIE),” ujar Hardanings­ih. Barang TIE, menurut dia, perlu diamankan karena belum ada pengawasan dari segi mutu. Dikhawatir­kan, mengonsums­i makanan atau minuman TIE akan menimbulka­n dampak buruk bagi tubuh.

Hardanings­ih menargetka­n, minimal 130 sentra makanan diawasi selama Ramadan. Bahkan, pengawasan itu dilakukan sejak sebelum bulan puasa. ”Bisa jadi kami melakukann­ya sampai Lebaran,” ucapnya. (lyn/c11/dos)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia