Jawa Pos

Perwira Asal Kediri Jabat Wakapolda Jatim

Kombespol Anwar Nasir Pindah ke Lemdiklat

-

SURABAYA – Gerbong mutasi di tubuh Polri kembali bergerak. Beberapa pejabat Polda Jatim dan polres jajaran bakal mendapat tugas baru. Salah satunya, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Gatot Subroto.

Mutasi tersebut didasarkan pada surat telegram Kapolri no ST/1408/ VI/2017. Surat tertanggal 2 Juni 2017 itu ditandatan­gani Kepala SDM Polri Irjen Arief Sulistyant­o.

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Frans Barung Mangera membenarka­n adanya mutasi sejumlah perwira di jajaran Polda Jatim (selengkapn­ya lihat grafis). Menurut dia, rotasi merupakan hal yang biasa. Alih tugas menunjukka­n bahwa regenerasi di tubuh Polri berjalan dengan baik. ’’Hal ini merupakan penyegaran bagi anggota,” katanya kemarin (3/6).

Barung menambahka­n, pejabat Polda dan polres jajaran mendapat tugas baru dalam rangka promosi. Penilaiann­ya mengacu pada kinerja. Dia mencontohk­an jabatan baru yang diemban AKBP Sabilul Alif. Menurut Barung, jabatan tersebut menjadi jembatan sebelum menuju pangkat yang lebih tinggi. ’’Sebentar lagi mungkin sudah berpangkat Kombespol,” tutur pria asal Kalimantan Timur itu.

Begitu pula Kapolresta Sidoarjo Kombespol Muhammad Anwar Nasir yang dikirim ke Lembaga Diklat Polri dan Wakapolda Jatim Brigjen Pol Gatot Subroto yang bakal menempati pos Karobindik­lat Lemdiklat Polri. ’’Dipersiapk­an untuk ke depannya, sesuai kebutuhan Polri,” ucap Barung.

Brigjen Pol Awan Samodra, pengganti Gatot di kursi Wakapolda, merupakan wajah yang tidak asing dengan Jatim. Mantan Irwasda Polda Kalsel tersebut berasal dari Kediri. Pengalaman­nya juga tak perlu diragukan. Sebelum menggantik­an Gatot, Awan merupakan Direkonomi Baintelkan Mabes Polri. ’’Beliau ini juga senior, Akpol angkatan 1986,” terang Barung.

Dengan mutasi itu, Barung berharap para pejabat bisa maksimal dalam menjalanka­n tugas. Apalagi, Jatim punya gawe besar tahun depan. Yakni, pemilukada serentak. Gesekan dan konflik sosial diprediksi meningkat. Karena itu, diperlukan upaya-upaya preemtif dan preventif. Polda Jatim mulai melakukan persiapan pengamanan. ( aji/c18/fal)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia