Jawa Pos

RAMAI-RAMAI MENGUCILKA­N QATAR

-

DIAWALI Bahrain yang melakukan pemutusan hubungan diplomatik dengan Qatar, efeknya langsung berantai. Negara-negara Arab beramai-ramai menghukum Qatar karena dituding mendanai serta mendukung ISIS dan Ikhwanul Muslimin.

1

Bahrain dan Uni Emirat Arab (UEA) memberikan waktu 48 jam kepada seluruh diplomat Qatar untuk kembali ke negaranya. Arab Saudi, Bahrain, dan UEA

2

menutup semua wilayah udara, laut, serta darat untuk kendaraan yang berasal dari Qatar.

3

Tiga negara itu juga meminta warga Qatar untuk hengkang. Mereka diberi waktu 14 jam. Aturan tersebut berlaku untuk pengunjung maupun orang Qatar yang sudah menjadi penduduk di tiga negara tersebut. Pengusiran itu melanggar kesepakata­n Dewan Kerja Sama Negara Teluk (GCC), di mana Qatar, Arab Saudi, Bahrain, dan UEA menjadi anggotanya. Salah satu poin dalam kesepakata­n itu adalah bebas pindah dan menjadi penduduk di negara -negara anggota GCC.

4

Arab Saudi, Bahrain, dan UEA memberlaku­kan kebijakan yang sama untuk warganya. Mereka diminta keluar dari Qatar dalam waktu 14 hari.

5

Maskapai UEA, yaitu Emirates, Etihad, Flydubai, dan Air Arabia menghentik­an penerbanga­n dari dan ke Doha mulai Selasa pagi. Begitu juga Saudi Airlines.

6

Arab Saudi masih memperbole­hkan penduduk Qatar yang ingin mengunjung­i Tanah Suci untuk ibadah.

7

Mesir menutup wilayah udara dan pelabuhann­ya untuk seluruh transporta­si yang berasal dari Qatar.

8

Arab Saudi mengeluark­an Qatar dari aliansi pasukan untuk menyerang militan Houthi di Yaman.

 ?? GRAFIS: ERIE DINI/JAWA POS ??
GRAFIS: ERIE DINI/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia