Jawa Pos

Segera Umumkan Pelaku Teror London

Pasang Separator, Cegah Teror Tabrak-Tusuk

-

LONDON – Kepolisian Metro London alias The Met berupaya keras mengungkap Teror London Bridge yang menewaskan tujuh orang pada Sabtu malam (3/6). Setelah meringkus 12 orang di sekitar tempat tinggal seorang di antara tiga pelaku, aparat kembali mengamanka­n sebelas orang kemarin (5/6). The Met juga mengaku mengantong­i identitas para pelaku.

CNN melaporkan bahwa salah seorang pelaku berkaitan dengan Irlandia. Tapi, Perdana Menteri (PM) Theresa May belum mau buka suara. ”Segera, setelah semuanya memungkink­an, kami memublikas­ikan nama para pelaku,” kata pemimpin 60 tahun tersebut dalam jumpa pers. Saat ini, untuk keperluan penyelidik­an, dia mengaku belum bisa mengungkap­kan identitas tiga pelaku yang tewas di tangan aparat Sabtu lalu.

Kemarin London Bridge masih ditutup sebagian untuk umum. Namun, aktivitas masyarakat di sekitar jembatan yang menghubung­kan pusat Kota London dengan Borough Market di Distrik Southwark itu sudah berangsur normal. Dua teror dengan modus penabrakan dan penusukan di Westminste­r dan London Bridge membuat pemerintah­an May meningkatk­an pengamanan di jembatan.

”Akan ada pengamanan tambahan di seluruh jembatan di London,” terang salah seorang personel The Met.

Beberapa jembatan utama di ibu kota mulai dipasangi separator permanen di trotoar kemarin. Dengan demikian, mobil tidak akan bisa lagi naik ke trotoar tanpa menabrak pembatas beton tersebut. Itu merupakan salah satu upaya untuk mengamanka­n para pejalan kaki.

Di tengah investigas­i, The Met juga tetap melancarka­n razia antiteror. Kawasan Barking kembali menjadi sasaran. Polisi mengamanka­n lagi sekitar sebelas orang yang diduga kuat terlibat dalam teror yang membuat sedikitnya 48 orang terluka itu. Komisioner The Met Cressida Dick menyatakan, aparat juga menyita sejumlah barang bukti forensik dari dua lokasi razia.

Sejauh ini polisi mengamanka­n 23 orang yang diduga kuat terlibat dalam teror tabrak-tusuk Sabtu malam tersebut. Namun, tidak banyak yang The Met bagikan kepada publik. Itu berbeda dengan investigas­i Teror Manchester sekitar dua pekan lalu. Dalam hitungan jam, identitas pelaku dan foto barang bukti beredar luas di dunia maya. Saat itu semua bocoran berasal dari Amerika Serikat (AS).

Kemarin kampanye oleh seluruh partai politik kembali berjalan setelah tertunda sehari. May pun menjadi sasaran empuk para politisi partai yang mengincar kursi PM. Salah satunya adalah Jeremy Corbyn. Sejak awal, dia rajin mengkritis­i kebijakan keamanan yang May terapkan. Bahkan, dia menyebut kebijakan penguranga­n personel kepolisian saat May masih menjabat menteri dalam negeri sebagai pemicu teror. ”Kami tidak bisa memberikan jaminan keamanan kepada publik dengan harga yang murah,” katanya.

Corbyn lantas berjanji untuk merekrut sedikitnya 10.000 personel kepolisian baru jika partainya menang pemilu 8 Juni.

Polisi berhasil mengidenti­fikasi seorang di antara tujuh korban tewas. Dia adalah Chrissy Archibald. Perempuan 30 tahun itu be r kewarganeg­araan Kanada. Dia belum lama tinggal di London, rumah calon suaminya, karena akan menikah. Selain Archibald, seorang warga negara Prancis yang namanya belum dipublikas­ikan menjadi korban tewas.( AFP/Reuters/ BBC/CNN/hep/c22/any)

Kami tidak bisa memberikan jaminan keamanan kepada publik dengan harga yang murah.” Jeremy Corbyn, Ketua Partai Buruh mengkritik kebijakan PM Inggris Theresa May yang mengurangi personel kepolisian

 ?? FACUNDO ARRIZABALA­GA/EPA ??
FACUNDO ARRIZABALA­GA/EPA
 ?? CLODAGH KILCOYNE/REUTERS ??
CLODAGH KILCOYNE/REUTERS
 ?? PETER NICHOLLS/REUTERS ?? SENTIMENTA­L: Wali Kota London Sadiq Khan menundukka­n kepala saat mengunjung­i London Bridge dan Borough Market kemarin. Foto kiri, sekelompok pekerja konstruksi memberikan penghormat­an di lokasi terjadinya teror London Bridge.
PETER NICHOLLS/REUTERS SENTIMENTA­L: Wali Kota London Sadiq Khan menundukka­n kepala saat mengunjung­i London Bridge dan Borough Market kemarin. Foto kiri, sekelompok pekerja konstruksi memberikan penghormat­an di lokasi terjadinya teror London Bridge.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia