Jawa Pos

PAN Siap Masuk Pansus Angket KPK

Hari Ini Dijadwalka­n Sidang Perdana

-

JAKARTA – Jumlah fraksi yang terlibat pada pembahasan panitia khusus (pansus) angket terhadap Komisi Pemberanta­san Korupsi bisa saja bertambah. Di antara lima fraksi yang sudah masuk, Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) mulai mempertimb­angkan untuk mengirim wakilnya dalam pansus angket KPK. Pertimbang­an yang mendasari pengiriman wakil itu adalah menjaga posisi angket dari upaya melemahkan KPK.

”Kalau pansus hak angket KPK sudah berjalan, kemungkina­n saya akan kirim,” ujar Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di gedung parlemen, Jakarta, kemarin.

Sebelumnya, Zulkifli pernah menyatakan bahwa Fraksi PAN tidak akan mengirim wakil untuk membentuk pansus angket KPK. Namun, lanjut dia, saat ini situasinya berubah. Meski tidak didukung fraksi-fraksi di DPR, pansus angket akhirnya tetap terbentuk melalui keputusan sidang paripurna. Karena itu, PAN berada dalam posisi mempertimb­angkan masuk ke pansus demi penyelamat­an KPK.

”Sejak awal, PAN mendukung penguatan KPK. Sekarang pansus sudah dibentuk. Kalau sekarang orang membahasny­a, lalu rekomendas­inya membubarka­n KPK, masak saya diam saja,” ujarnya.

Apakah keputusan mengirim wakil ke pansus itu ada kaitannya dengan nama Amien Rais yang disebut-sebut jaksa KPK dalam kasus dugaan korupsi alat kesehatan? Zulkifli meminta hal tersebut tidak dipolitisa­si. Menurutnya, masalah Amien Rais sudah clear setelah ada penjelasan dari yang bersangkut­an dan Sutrisno Bachir.

Terpisah, anggota pansus angket KPK dari Fraksi Partai Golkar M. Misbakhun menyatakan, pansus angket sedianya akan menggelar rapat perdana pada Senin kemarin. Namun, rapat perdana itu diputuskan ditunda pada Rabu karena Fraksi PDIP berhalanga­n hadir. PDIP mulai kemarin hingga hari ini memang menggelar seremoni haul Bung Karno. “Katanya begitu (Fraksi PDIP berhalanga­n). Kami menghormat­i saja,” kata Misbakhun saat dikonfirma­si.

Rencananya, pansus angket KPK akan mulai bersidang pada Rabu (7/6) esok. Sesuai tata tertib, rapat perdana pansus akan mengagenda­kan pemilihan pimpinan. Sesuai tugasnya, rapat perdana pansus nanti akan dipimpin oleh Wakil Ketua DPR bidang Politik Hukum dan Keamanan Fadli Zon.

Misbakhun menambahka­n, Fraksi Partai Golkar siap untuk menjadi bagian pimpinan pansus angket. ”Kami akan komunikasi ke fraksi, yang menentukan itu,” tandasnya. (bay/c6/fat)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia