Jawa Pos

Komentar Miring di Caps Ke-130

-

LAGA melawan Pantai Gading menorehkan catatan penting dalam perjalanan karir Wesley Sneijder. Di usia 32 tahun, Sneijder berhasil menyamai caps kiper legendaris Belanda Edwin van der Sar. Yakni, 130 caps.

Seharusnya, tetenger istimewa tersebut dirayakan penuh kegembiraa­n oleh pemain Galatasara­y itu. Sayang, bukan doa baik yang diterima. Sebaliknya, malah gelombang komentar nyinyir yang hadir.

Menurut Four Four Two kemarin (5/6), alasan mereka yang tak respek kepada Sneijder adalah karena dia hanya berstatus pemain pengganti. Sneijder masuk pada menit ke-70 untuk menggantik­an pemain muda Ajax Davy Klaassen. Namun, Sneijder mengabaika­n kritik tersebut.

’’Saya sudah sering mendapati maupun mendengar kritik yang diberikan kepada saya, namun saya tak menanggapi mereka dengan serius. Dan saya pikir seluruh orang Belanda melakukan hal yang sama dengan saya soal kritik tersebut,’’ kata Sneijder.

Sneijder memang menurun jika dibandingk­an dengan tahun-tahun sebelumnya. Apalagi, lini serang Belanda kini punya banyak darah segar. Sebut saja Klaassen, Georginio Wijnaldum, ataupun Kevin Strootman.

’’Mereka (pengkritik, Red) melakukan apa pun yang mereka mau. Saya pikir mereka adalah sekumpulan orang yang cemburu. Malah kritik mereka kian memotivasi saya untuk terus bermain. Saya mengingink­an caps sebanyak-banyaknya,’’ tutur pemain yang punya koleksi 30 gol bersama Belanda tersebut.

’’ Van der Sar mencapai 130 caps ketika usianya 40 tahun, sedangkan saya tahun ini akan 33 tahun. Ini sungguh satu hal yang fantastis karena saya berada di level yang sama dengan sosok legendaris seperti Van der Sar,’’ ucap Sneijder dalam wawancara dengan Fox Sports.

Sebenarnya, tidak hanya kemarin Sneijder menjadi pemain pengganti dalam pertanding­an bersama timnas Belanda. Ketika menang 2-1 atas Maroko (31/5), mantan penggawa Real Madrid dan Inter Milan itu juga turun sebagai cadangan.

Keputusan pelatih memainkan Sneijder sebagai pengganti juga terkait dengan pertimbang­an fisik. Sebab, sebelum laga melawan Maroko, klub Sneijder masih membutuhka­n tenaganya untuk bermain versus Alanyaspor (29/5). Demikian juga pertanding­an kemarin. Galatasara­y baru selesai bertanding melawan Konyaspor Sabtu lalu (3/6). (dra/c19/bas)

 ?? ROBIN VAN LONKHUIJSE­N/EPA ?? ABAIKAN EJEKAN: Wesley Sneijder (tengah) memeluk Vincent Janssen (kanan) yang berhasil menjebol gawang Pantai Gading.
ROBIN VAN LONKHUIJSE­N/EPA ABAIKAN EJEKAN: Wesley Sneijder (tengah) memeluk Vincent Janssen (kanan) yang berhasil menjebol gawang Pantai Gading.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia