Jawa Pos

INDONESIA U-19 vs SKOTLANDIA U-20 Ayo, Bawa Pulang Gol

-

MARSEILLE – Kekalahan oleh Brasil 0-1 (31/5) dan Republik Ceko 0-2 (3/6) membuat timnas Indonesia U-19 kehilangan harapan untuk melaju ke babak berikutnya di Toulon Tournament. Dengan begitu, laga melawan Skotlandia U-20 nanti malam di Stade Jules-Ladoumegue, Vitrolles, tak lagi berpengaru­h.

Meski begitu, pelatih timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri sudah memberikan instruksi agar para pemainnya tetap ngotot sampai akhir. Apalagi, sedari awal, memang target Indonesia tampil di sana adalah memberikan pengalaman kepada Rachmat Irianto dkk.

Setidaknya, saat melawan Skotlandia, Indonesia bisa pulang dengan kepala tegak. Tidak akan mudah bagi mereka bisa menang, tapi setidaknya dapat mencetak gol. Sebab, di grup C, Indonesia menjadi satusatuny­a tim yang belum mencetak gol ke gawang lawan.

’’Target kami sejak awal adalah memberikan pengalaman dan jam terbang lebih kepada anak-anak di level internasio­nal. Jadi, setiap laga bagi kami jauh sangat penting karena memiliki pengalaman dan tantangan yang berbeda-beda. Karena melawan tim yang berbeda dengan materi pemain dan karakter berbeda pula,’’ kata Indra.

Pelatih asal Padang, Sumatera Barat, itu pun berharap para pemain bisa memaksimal­kan kesempatan melawan Skotlandia itu dengan menunjukka­n permainan terbaik. Sebab, setelah tidak lolos ke semifinal, Indra tidak lagi memedulika­n hasil akhir dari laga terakhir itu.

Bagi Indra, targetnya dalam laga tersebut, para pemain bisa bermain lebih bagus daripada pertanding­an sebelumnya dan meminimalk­an kesalahan yang sering dipraktikk­an dalam dua pertanding­an awal. ’’Karena kalau anak-anak sudah bermain bagus, maka secara otomatis hasil akhir akan mengikuti,’’ papar dia.

Mantan pelatih Bali United itu juga berencana melakukan sejumlah perombakan dengan memasukkan 2–3 pemain baru sebagai starter. Indra bahkan mengungkap­kan bahwa dirinya tidak akan monoton bermain dengan formasi 4-3-3. ’’Ada beberapa formasi lain yang akan kami terapkan,’’ jelasnya.

Di sisi lain, striker timnas U- 19 Egy Maulana mengungkap­kan, timnya akan berusaha lebih baik daripada laga sebelumnya. ’’ Toh, dalam dua laga awal, kami kalah secara hasil. Tapi, secara permainan, kami masih memberikan perlawanan sengit. Saya yakin kami akan bermain lebih bagus lagi nanti,’’ ujarnya. (ben/c19/ham)

 ?? ISTIMEWA ?? SEMANGAT: Para pemain timnas U-19 dalam latihan sebelum melawan Skotlandia di Vitrolles malam ini.
ISTIMEWA SEMANGAT: Para pemain timnas U-19 dalam latihan sebelum melawan Skotlandia di Vitrolles malam ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia