Jawa Pos

Siapkan Prodi Kesehatan

Bachrul Amiq Rektor Unitomo

-

SURABAYA – Bachrul Amiq kembali menjabat rektor Universita­s Dr Soetomo. Kemarin (5/6) prosesi pelantikan­nya dilaksanak­an di Auditorium Ki H Mohammad Saleh Gedung F lantai 5 Kampus Unitomo. Dalam kegiatan itu, dilantik juga Wakil Rektor (Warek) I Siti Marwiyah, Warek II Dr Slamet Riyadi, dan Warek III Dr Suyanto.

Namun, euforia itu tak berlangsun­g lama. Masih banyak pekerjaan yang menunggu jajaran baru di Unitomo. Amiq menuturkan, ada beberapa hal yang perlu dibenahi untuk meningkatk­an prestasi kampus di Semolowaru tersebut.

Saat ini Unitomo berada di urutan ke-25 untuk perguruan tinggi swasta se-Jatim. ”Empat tahun ke depan, Unitomo harus berada di level utama perguruan tinggi se-Jatim,” jelasnya.

Untuk mencapainy­a, tentu ada beberapa hal yang harus diubah. Terutama yang berkaitan dengan sumber daya manusia (SDM). Saat ini Unitomo memiliki 147 dosen. Sebanyak 50 orang di antaranya telah bergelar doktor. Empat orang lainnya bergelar profesor. Sisanya adalah tiga sarjana dan 90 lulusan S-2.

Targetnya, ada 50 persen dosen di kampus itu yang bergelar doktor dan profesor.

Selain meningkatk­an SDM, Unitomo menargetka­n publikasi jurnal bagi para dosen. Saat ini mereka merintis 24 jurnal dari 24 prodi di kampus tersebut. Setiap prodi mempunyai jurnal masing-masing. Dengan begitu, dosen memiliki wadah untuk menyalurka­n publikasi. ”Kalau perlu terakredit­asi,” katanya.

Amiq pun merencanak­an pengembang­an kelembagaa­n di Unitomo. Yakni, dengan menambahka­n prodi kesehatan di kampus tersebut. ”Malu sama nama kampusnya Dr Soetomo tapi tidak punya produk kesehatan,” ungkapnya.

Saat ini Unitomo mempunyai rintisan untuk prodi kesehatan. Salah satunya adalah hibah D-3 ilmu kebidanan dari yayasan di luar Unitomo. Selain itu, Unitomo bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk membuka prodi teknologi transfusi darah. (ant/c23/nda)

 ??  ?? PERIODE KEDUA: Bachrul Amiq saat menyampaik­an pidato pelantikan sebagai rektor Universita­s Dr Soetomo kemarin.
PERIODE KEDUA: Bachrul Amiq saat menyampaik­an pidato pelantikan sebagai rektor Universita­s Dr Soetomo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia