Jawa Pos

Komitmen Terus Menjaga Sungai

-

SIDOARJO – Kali bersih dengan tanaman beragam serta sampah terkelola rapi. Komitmen itulah yang terus dipertahan­kan di lingkungan Desa Keboananom, Kecamatan Gedangan. Salah satu titik yang tampak asri adalah Dusun Gambiranom.

Dengan memanfaatk­an momen Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingat­i setiap 5 Juni, para kader lingkungan dan anggota Zero Waste Academy (ZWA) kemarin (5/6) turun ke sungai tersebut. Mereka bergotong royong membersihk­an kali itu.

Meski panas terik belum turun, mereka sudah bersiap. Kendati lokasi sungai yang dibersihka­n berada di Desa Keboananom, sungai itu juga melintasi Desa Sruni. ”Di Sruni juga bersih. Polisi sampah terus berpatroli,” tegas Fassilmy Adha, salah seorang kader ZWA Gedangan.

Kegiatan itu memang bukan hanya kerja bakti kader lingkungan Keboananom. Melainkan juga jadi agenda yang ingin digalakkan di area Kecamatan Gedangan. Program bertajuk prokasih alias program kali bersih itu sebenarnya sudah lama dilaksanak­an. ”Belum maksimal di seluruh titik sungai yang melewati Kecamatan Gedangan. Penginnya setelah Zero Waste Academy, ya ngajak desa lain juga untuk peduli kebersihan sungai,” ucap Ammy Yoga Prajati, kader ZWA Gedangan lainnya.

Keinginan tersebut mendapat dukungan dari Pemerintah Desa Sruni dan Desa Keboananom. Fissilmy yang juga ketua PKK Desa Sruni mengakui, pihaknya mulai mengampany­ekan prokasih. ”Prokasih di sini pernah menang lomba. Harusnya bisa saling belajar dengan kader lingkungan desa lain,” tuturnya.

Ketua PKK Desa Keboananom Sunarwati menambahka­n, peran anak muda dalam karang taruna seharusnya diperbanya­k. Dengan demikian, hasilnya makin optimal. Dalam aksi kemarin, para kader lingkungan juga menceburka­n diri ke sungai. (via/c16/hud)

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? PEDULI: Anggota Zero Waste Academy dan kader lingkungan membersihk­an sungai di Keboananom, Gedangan, untuk memperinga­ti Hari Lingkungan Hidup Sedunia kemarin (5/6).
HANUNG HAMBARA/JAWA POS PEDULI: Anggota Zero Waste Academy dan kader lingkungan membersihk­an sungai di Keboananom, Gedangan, untuk memperinga­ti Hari Lingkungan Hidup Sedunia kemarin (5/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia