Jawa Pos

Sudah Tiga Bulan Dewan tanpa BK

-

SIDOARJO – Internal DPRD Sidoarjo kembali menghangat. Hingga kini, Badan Kehormatan (BK) DPRD Sidoarjo belum bisa bekerja. Sebab, jumlah anggotanya belum genap lima orang.

Berdasar informasi yang dihimpun, karut-marut penyusunan anggota BK merupakan buntut dari penyusunan alat kelengkapa­n dewan (AKD) Maret lalu. Waktu itu, tiga fraksi seperti PDIP, PAN, dan PKS-Nasdem meminta waktu tambahan menyerahka­n nama anggotanya masuk dalam AKD. Namun, fraksi koalisi seperti PKB, Gerindra, Golkar Bintang Persatuan, dan Demokrat tidak berkenan. Empat fraksi itu memilih melanjutka­n paripurna.

Hasilnya, tersusun nama AKD. Mulai pimpinan komisi hingga badan pembentuka­n peraturan daerah (bapemperda). Waktu itu, pemilihan BK ditunda lantaran kurang anggota. Baru empat orang yang terpilih, yakni Ainun Jariyah (FPKB), Matali (Fraksi Gerindra), Mohammad Agil Effendi (Fraksi Demokrat), serta Hadi Soebiyanto (Fraksi Golkar Bintang Persatuan)

Nah, selang satu bulan, pendaftara­n anggota ke BK DPRD kembali dibuka. Sayang, tiga fraksi belum bersedia mengirimka­n anggotanya. Alhasil, hingga tiga bulan ini, badan yang bertugas melaksanak­an dan menegakkan kode etik dewan tersebut belum juga terbentuk.

Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan mengakui hal tersebut. Dia sudah melakukan berbagai upaya agar lembaga itu segera berjalan. ”Kami sudah berkirim surat kepada tiga fraksi meminta untuk mengirimka­n perwakilan ke BK,” ujarnya. Surat ketiga diluncurka­n awal bulan ini. Isinya menjelaska­n PP Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD pasal 56 ayat 3 huruf b. Untuk DPRD kabupaten/kota yang beranggota 34 orang, jumlah anggota BK tiga orang. Sementara itu, untuk kabupaten/kota yang jumlah anggota dewannya 35–50 orang, anggota BK berjumlah lima orang.

Pria yang akrab disapa Wawan itu menambahka­n, hingga kini belum ada balasan dari tiga surat itu. Tiga fraksi masih enggan mengirimka­n anggotanya masuk ke dalam fraksi. (aph/c17/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia