Jawa Pos

Beri Reward Yang Rajin ke Perpustaka­an

-

MEMBIASAKA­N anak didik untuk rajin membaca dan menulis juga dilakukan SD Al Falah Assalam. Mereka membentuk wadah kegiatan ekstrakuri­kuler yang dinamai Peci. Kependekan dari penulis cilik.

Ada 50 anak yang tergabung dalam Peci. Mereka diberi latihan khusus soal penulisan. ”Rutin seminggu sekali setiap Jumat mereka belajar bersama,” terang Kepala SD Al Falah Assalam Muhammad Sholehudin.

Caranya, siswa dibagi menjadi dua kelompok. Yakni kelompok besar dan kecil. Kelompok besar berisi siswa kelas III hingga kelas V. Sedangkan kelompok kecil terdiri atas siswa kelas I dan II. Karena beda tingkat, sudah pasti cara pembelajar­annya juga berbeda.

Sholehudin mengatakan, untuk materi pertama, siswa diminta menulis bebas. Misalnya, di dalam kelas terdapat peta Indonesia. Nah, anak didik di dalam kelas boleh membuat tulisan yang terkait dengan peta Indonesia itu. ”Bisa puisi, cerpen, ataupun komik,” lanjutnya.

Setelah ”pemanasan”, barulah siswa belajar dalam sebuah proyek penulisan. Misalnya, dalam bulan ini mereka diberi proyek membuat kumpulan tulisan nonfiksi. Dalam satu bulan, siswa harus belajar banyak tentang menulis nonfiksi. Saat ada kesulitan, mereka bebas untuk berkonsult­asi kepada guru pembimbing.

Sambil mengerjaka­n, siswa mendapat ilmu secara langsung saat praktik. Misalnya terkait dengan ejaan serta cara membuat judul yang menarik, alur cerita, hingga kalimat yang efisien. ”Tema proyeknya berbeda-beda,” terang Sholehudin.

Sebagai bentuk apresiasi, pihak sekolah memuat tulisan para siswa di majalah sekolah yang bernama L-Fikr. ”Majalahnya sudah terbit sejak 2015,” terang Waka Kesiswaan SD Al Falah Assalam Antoni.

Untuk bisa menulis dengan baik, dibutuhkan ide yang variatif. Karena itu, siswa didorong untuk rajin ke perpustaka­an. Bagi yang rajin ke perpustaka­an, pihak perpustaka­an sekolah akan memberikan apresiasi khusus. ”Macammacam reward-nya, seperti buku maupun seperangka­t alat tulis,” lanjut Antoni.

Anak akan lebih bangga, orang tua pun senang. Juga, target mewujudkan 100 persen siswa SD Al Falah Assalam punya kebiasaan membaca bisa segera terwujud. (uzi/c11/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia