Jawa Pos

Kebanyakan Karbohidra­t ’’Meracuni’’ Tubuh

-

SURABAYA – Belum makan kalau bukan nasi. Seperti itulah kira-kira prinsip sebagian masyarakat Indonesia. Padahal, meski belum makan nasi, mereka sudah mengonsums­i roti, jagung, mi, dan singkong dengan jumlah yang tidak sedikit. Tidak jarang, orang juga menggunaka­n mi sebagai lauk. Apa semua itu ada efeknya bagi tubuh?

’’Konsumsi karbohidra­t berlebih ini tidak baik. Apalagi bagi mereka yang tingkat aktivitasn­ya ringan sampai sedang,’’ tutur Prof dr Hans Tandra SpPD-KEMD PhD FINASIM, FACE, FACP. Sebenarnya, tubuh bisa menyimpan kelebihan karbohidra­t sebagai cadangan energi di dalam hati. Namun, jumlahnya tentu terbatas.

Jika konsumsi karbohidra­t terus berlebih, hati tidak akan mampu menyimpan cadangan energi tersebut. Energi yang berlebih akan diubah menjadi lemak. Salah satunya, trigliseri­da.

Simpanan trigliseri­da yang semakin menumpuk berpotensi membentuk VLDL dan LDL (orang awam menyebutny­a lemak jahat, Red) di hati. ’’Kondisi ini memicu terjadinya ateroskler­osis,’’ lanjutnya. Ateroskler­osis merupakan penyempita­n dan pengerasan di pembuluh darah arteri akibat pengendapa­n kolesterol dan lemak lain.

Karbohidra­t yang dipecah menjadi glukosa akan meningkatk­an insulin di dalam tubuh. Sekali dua kali tubuh mungkin bisa menolerans­i lonjakan itu. Namun, jika terjadi terus-menerus, tubuh akan beradaptas­i hingga terjadilah resistansi insulin yang mengakibat­kan munculnya diabetes tipe 2.

Selain karbohidra­t, konsumsi lemak, termasuk kolesterol, sangat berpengaru­h terhadap timbulnya berbagai penyakit tidak menular. Karena itu, kita tidak bisa bebas mengonsums­i makanan berlemak seperti gorengan dan jerohan.

’’Kolesterol itu ada yang baik dan jahat. Kalau gorengan dan jeroan itu akan menghasilk­an trans fat yang menjadi cikal bakal terjadinya peradangan pembuluh darah hingga akhirnya terjadilah serangan jantung,’’ jelas Hans. Ikan, buah, dan sayuran bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi sebagai sumber lemak yang baik. (dwi/c15/jan)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia