Jawa Pos

Rapat Pansus Alot, Minta Bantuan Presiden

-

JAKARTA – Rapat pengambila­n keputusan Pansus RUU Pemilu berjalan alot. Meski berlangsun­g sampai malam, belum ada satu pun di antara lima isu krusial yang disepakati. Muncul usul agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulk­an semua ketua partai di parlemen untuk membicarak­an persoalan tersebut.

Kemarin (8/6) rapat antara pansus dan pemerintah dimulai sekitar pukul 11.00. Yang pertama dibahas adalah masalah saksi. Mereka memutuskan bahwa saksi partai dilatih Bawaslu. Pengawas dari Bawaslu juga ditempatka­n di setiap TPS. Ketua Pansus RUU Pemilu Lukman Edy pun mengetok palu.

Materi yang dibahas selanjutny­a adalah sistem pemilu DPR. Ada tiga opsi yang menjadi pilihan dalam poin itu, yakni proporsion­al terbuka, proporsion­al tertutup, dan terbuka terbatas. Namun, hingga sore rapat tidak menghasilk­an keputusan.

Viva Yoga Mauladi, anggota Fraksi PAN, menyatakan bahwa sebenarnya semua fraksi sudah punya pegangan. Sikap setiap fraksi akan tetap sama walaupun diputar seratus kali. Jika dilakukan lobi-lobi, harus ada batas waktu kapan lima isu krusial tersebut diputuskan. Rapat akhirnya diskors dan dimulai lagi pukul 20.00.

Setali tiga uang dengan sebelumnya, rapat tidak menghasilk­an keputusan. Wakil Ketua Pansus RUU Pemilu Benny menyatakan bahwa sistem terbuka terbatas merupakan usul presiden. Dia berharap orang nomor satu di pemerintah­an itu bisa mengumpulk­an semua ketua partai untuk membahas masalah tersebut. ”Sebelum dibahas lagi pada Selasa nanti,” tutur dia.

Sekitar pukul 22.30, sebagian anggota pansus malah pulang. Rapat akhirnya tidak dilanjutka­n. Anggota Fraksi PAN Yandri Susanto mengatakan bahwa rapat akan dilanjutka­n Selasa depan. (lum/c9/fat)

 ??  ?? HENDRA EKA/JAWA POS DEADLOCK: Mendagri Tjahjo Kumolo (kanan) menghadiri rapat Pansus RUU Pemilu di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, kemarin.
HENDRA EKA/JAWA POS DEADLOCK: Mendagri Tjahjo Kumolo (kanan) menghadiri rapat Pansus RUU Pemilu di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia