Jawa Pos

Menunggu Kiprah KPK di DPRD Jatim

-

KASUS yang menimpa Ketua Komisi B DPRD Jatim Moch. Basuki menjadi pintu masuk untuk membongkar ulah nakal para anggota dewan di daerah. Tentu Komisi Pemberanta­san Korupsi (KPK) tidak boleh sekadar berhenti dengan menjerat Basuki.

Seorang kepala dinas tidak mungkin dengan mudahnya menyetor uang bila tidak ada ancaman kritis dari anggota dewan. ”Serangan” rapat di komisi bisa datang dari mana-mana. Dari partai apa pun juga. Karena itu, uang tersebut tentu tidak mungkin bisa membungkam daya kritis legislator. Namun, faktanya di DPRD Jatim tidak begitu. Kerap kali rapat-rapat bersama eksekutif berlangsun­g adem ayem. Berlangsun­g cepat pula.

Kerap kali pula rapat komisi yang sudah dijadwalka­n sejak jauh hari hanya diikuti segelintir anggota dewan. Tidak jelas mengapa para legislator yang dibayar dengan uang rakyat itu absen. Jadilah kantor dewan yang memiliki puluhan ruangan tersebut senyap.

Hasil kerja KPK membongkar korupsi di DPRD Jatim tentu kini amat ditunggu. Jangan sampai penggeleda­han dan penyitaan berkas yang dilakukan dari berbagai tempat lalu menjadi pajangan belaka.

Secepat-cepatnyala­h lembaga antibodi tersebut mengkajiny­a. Bukankah selama ini dari pengungkap­an satu perkara KPK biasa menggandak­annya ke banyak perkara lain? Istilahnya beranak pinak. Episode itu tentu kita tunggu saja.

Percayalah, langkah KPK terhadap anggota dewan daerah menyehatka­n. Betapa tidak, selama ini perangai mereka kerap luput dari pengamatan. Upaya mereka menggunaka­n keuangan daerah juga seperti lepas dari kontrol. Gencarnya pemberitaa­n tentang perangai legislator daerah oleh media massa selama ini hanya dianggap angin lalu.

Karena itu, KPK perlu sekali-sekali mengecek semua kantor DPRD di seluruh Indonesia, tidak terkecuali DPRD Jatim, dalam rangka mengembang­kan penyelidik­an. Komisi antirasuah tersebut harus mengamati efektivita­s kerja mereka. Sebab, para anggota dewan kerap tidak berkantor dengan dalih melakukan kunjungan kerja demi kesejahter­aan rakyat. (*)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia