Jawa Pos

Tak Sayang kalau Dijual Lagi setelah Mudik

-

KEBUTUHAN transporta­si menjelang mudik Lebaran meningkat drastis. Bukan hanya permintaan unit kendaraan baru, mobil bekas juga dilirik jika bujet terbatas.

Model MPV masih menjadi primadona yang paling dicari konsumen. Kehadiran mobil-mobil low cost green car (LCGC) memang berimbas pada penjualan mobil bekas. Namun, mobil bekas tidak sepi peminat.

Menilik traffic penjualan di WTC Mangga Dua, penjualan mobil bekas meningkat 100 persen sejak Mei lalu. ’’Kalau biasanya hanya 300-an unit per minggu, saat ini penjualann­ya sudah sampai 500–600 unit seminggu,’’ kata Senior Manager Marketing Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih.

Tren peningkata­n penjualan mobil bekas diperkirak­an berlanjut sampai mendekati masamasa Lebaran. Herjanto memprediks­i, dalam sebulan, penjualan bisa mencapai 2.800-an unit. Karena digunakan untuk Lebaran, mobil bekas yang paling laris adalah mobil keluarga.

’’Masih Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Toyota Innova, sama Nissan Grand Livina yang banyak dicari. Harganya masih terjangkau dan mobilnya bisa mengangkut banyak penumpang. Peningkata­n Lebaran nanti kami prediksi bisa sampai 20–25 persen,’’ ujar Herjanto.

Dari kisaran harga, Avanza keluaran sekitar 2013 dibanderol seharga Rp 135 juta–Rp 145 juta. Innova dijual di kisaran Rp 170 juta untuk mesin bensin dan Rp 200 juta yang mesin diesel. Harga Grand Livina berkisar Rp 140 juta.

Jika melihat range harga mobil bekas tersebut, sebenarnya harga MPV bekas sedikit bersinggun­gan dengan harga mobil LCGC baru. Namun, konsumen biasanya mempertimb­angkan bujet dan kesiapan unit untuk dibawa ketika Lebaran. ’’Beli mobil baru kan setidaknya menunggu 2 minggu untuk pengurusan administra­si dan lain-lain,’’ jelas Herjanto.

Kapasitas angkut juga memengaruh­i pilihan konsumen untuk memilih MPV 7- seater secondhand bila dibandingk­an dengan sebuah city car baru. ’’Karena beli bekas, tidak sayang kalau setelah Lebaran mau ganti atau dijual lagi,’’ ucap Usman Dedi, 29, pengunjung bursa mobil bekas WTC Mangga Dua.

Herjanto menyaranka­n konsumen mencari mobil bekas di pusat penjualan mobil bekas. Selain lebih banyak pilihan untuk model yang sama, konsumen leluasa membanding­kan harga jual untuk mobil dengan kondisi yang sama. (agf/c14/noe)

 ??  ??
 ??  ?? FOTO-FOTO: FRIZAL/JAWA POS BANYAK PILIHAN: Deretan mobil bekas di bursa otomotif. Selain bisa membanding­kan kondisi banyak mobil dari satu merek, calon pembeli dapat memilih harga terbaik untuk kondisi mobil yang sama.
FOTO-FOTO: FRIZAL/JAWA POS BANYAK PILIHAN: Deretan mobil bekas di bursa otomotif. Selain bisa membanding­kan kondisi banyak mobil dari satu merek, calon pembeli dapat memilih harga terbaik untuk kondisi mobil yang sama.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia