Jawa Pos

Satu Kuda, Sejuta Saudara

-

PERSAUDARA­AN bisa diawali dari mana saja. Salah satunya, memiliki hobi dan tunggangan yang sama. Hal itu terjadi di kalangan para penunggang Kuda yang tergabung dalam Komunitas Mitsubishi Kuda (KMK).

Persaudara­an para joki itu terbentuk di Jawa Timur pada September 2015. ”Moto kami Satu Kuda Sejuta Saudara. Bukan hanya anggota KMK, tapi semua pemilik Kuda adalah saudara,” terang Iwan Samanta, joki KMK yang tinggal di Jombang.

Salah satu pengejawan­tahan prinsip itu, mereka yang memiliki Mitsubishi Kuda saling membantu bila ada yang mengalami masalah di jalan. Bahkan, para joki juga tak segan untuk membantu pengemudi mobil lain yang menemui masalah di jalan. ”Sejauh masih bisa dijangkau dan bisa diatasi, kami siap dan senang hati untuk membantu,” lanjutnya.

Saling membantu seperti saudara itu memang menjadi komitmen 70 anggota komunitas tersebut di Jawa Timur. Wakil Koordinato­r Lapangan Ranch (perwakilan daerah) Jawa Timur David Sunata menambahka­n, pembentuka­n komunitas itu memang bertujuan menumbuhka­n rasa aman saat joki menunggang­i Kuda masingmasi­ng ke seluruh Indonesia. Sebab, melalui grup WhatsApp, posisi joki bisa dipantau KMK. ”Misalnya, ada anggota yang pergi ke Blitar. Jika ada apa-apa, seperti mogok atau kecelakaan, bisa ditolong anggota yang berasal di wilayah tersebut,” tutur pemilik Kuda berwarna hitamsilve­r itu. Servis dan pencarian spare part juga menjadi fokus komunitas kendaraan yang kali terakhir dirilis di Indonesia pada 2005 itu. Sebab, untuk beberapa bagian seperti power steering, penanganan cukup sulit dan tidak bisa dilakukan di bengkel biasa. ”Harus bengkel khusus spesialis power steering. Tetapi, ada anggota kami yang ahli menangani hal tersebut. Jadi, bisa berbagi ilmu lewat komunitas,” ujar David. Pemilik Mitsubishi Kuda tahun 2001 itu menuturkan, para anggota sering kali lebih memilih berdiskusi dengan komunitas daripada harus membawa tunggangan ke bengkel ketika menemui masalah teknis ringan. Begitu pula jika membutuhka­n spare part tertentu. Para joki bisa bertukar informasi dan membanding­kan harga.

Meski jarang bertemu secara langsung karena kesibukan masing-masing, soliditas di KMK terus dijaga. Melalui ranch masing-masing, anggota KMK telah memiliki program untuk terus menjalin persaudara­an. Sebulan sekali mereka berkumpul di ranch masing-masing untuk bersilatur­ahmi.

Terkadang, secara dadakan pun mereka pergi bersama untuk berwisata. Lalu, secara rutin, ada pula acara fun family yang biasa dihelat saat perayaan ulang tahun KMK di ranch Jatim.

”Nah, untuk hari Minggu nanti, kami akan adakan acara buka puasa bersama di Pasuruan untuk Jawa Timur,” ujar David.

Selain itu, rencananya, acara halalbihal­al dihelat setelah Lebaran di Madiun dan Nganjuk. Dua lokasi tersebut sengaja dipilih agar adil. Buka puasa bersama di wilayah timur dan halalbihal­al di wilayah barat.

Komunitas Mitsubishi Kuda juga memiliki ciri dan karakter tersendiri. ”Personel di dalamnya harus bisa menyelami anggota lainnya jika ingin masuk dan menjadi bagian dari komunitas ini,” kata Silver Quenn, salah satu joki perempuan di KMK.

Dia mencontohk­an, kendaraan pertama yang diregistra­si untuk menjadi member komunitas adalah Kuda. Meski terkadang ada anggota yang sudah berganti merek kendaraan, mereka tetap dianggap sebagai anggota KMK. Ketangguha­n dan kenyamanan MPV tersebut menjadi alasan banyak joki Mitsubishi Kuda enggan untuk beralih kendaraan. (vir/c11/noe)

 ??  ?? ranch KMK FOR JAWA POS BROTHERHOO­D: Anggota Komunitas Mitsubishi Kuda saat merayakan ulang tahun ke-5 KMK di Batu.
ranch KMK FOR JAWA POS BROTHERHOO­D: Anggota Komunitas Mitsubishi Kuda saat merayakan ulang tahun ke-5 KMK di Batu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia