Jawa Pos

Pakai Uang Elektronik, Diskon 20 Persen

Mudik Lebaran di 15 Ruas Tol

-

JAKARTA – Target pembanguna­n flyover untuk mengurai kemacetan di Brebes molor. Dari empat flyover yang diwacanaka­n rampung H-10 Lebaran, satu flyover baru bisa digunakan pada H-5 Lebaran.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljon­o menyatakan, satu flyover tersebut berada di Kretek, Paguyan, Brebes. Konstruksi yang tidak sesuai dengan mutu mengharusk­an pengerjaan­nya diulang di beberapa bagian. ”Kita reject karena tidak bagus. Jadi mundur,” ujar Basuki seusai rapat koordinasi angkutan Lebaran di DPR kemarin (8/6).

Meski ada pengulanga­n, Basuki optimistis flyover yang akan menghubung­kan ke Purwokerto itu bisa difungsika­n pada arus mudik. Pembanguna­n sudah mencapai 77,41 persen. Pengerjaan ditargetka­n rampung pada H-5 Lebaran. Kalaupun tidak, pemerintah telah menyiapkan plan B. Kementeria­n PUPR menyiapkan bailey atau jembatan darurat. ”Insya Allah jadi,” tambahnya.

Hingga saat ini, progres pembanguna­n tiga flyover lainnya sudah menunjukka­n hasil signifikan. Flyover di Dermoleng, Ketangguna­n, misalnya, telah mencapai 90,27 persen. Kemudian Klonengan, Prupuk, 95,37 persen dan Kesambi 85 persen. Selain mengandalk­an empat flyover untuk mengurai kemacetan, pemerintah bekerja sama dengan operator jalan tol akan memberikan diskon bagi pemudik. Diskon diberikan untuk mereka yang bertransak­si dengan menggunaka­n uang elektronik di 18 ruas tol.

Dari jumlah tersebut, 15 ruas akan diberi potongan harga hingga 20 persen. Ruas-ruas tersebut antara lain tol Jagorawi, Jakarta–Tangerang, Jakarta–Cikampek, JORR, Sedyatmo, Purbaleuny­i, Palikanci, Semarang, Semarang–Bawean, Surabaya– Gempol, Surabaya–Mojokerto, Belawan–Medan–Tanjung Morawa, dan Nusa Dua–Ngurah Rai–Benoa. Sedangkan tiga lainnya, Tangerang–Merak, Kertosono–Mojokerto, dan Cikampek– Palimanan, didiskon 10 persen. Potongan itu berlaku pada arus mudik mulai H-3 sampai H+2 (22–26 Juni) dan arus balik mulai H+4 sampai H+6 (30 Juni–2 Juli). (mia/c9/oki)

 ??  ?? KEBUT PERBAIKAN: Jalur alternatif Muktamar-Rancamaya di Desa Sukamulya, Tasikmalay­a, diperbaiki menjelang Lebaran kemarin.
KEBUT PERBAIKAN: Jalur alternatif Muktamar-Rancamaya di Desa Sukamulya, Tasikmalay­a, diperbaiki menjelang Lebaran kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia