Jawa Pos

Hanya Afrika Yang Belum Disinggahi

-

DUEL klasik antara Brasil versus Argentina, entah apa pun ajangnya, selalu dinantikan. FIFA bahkan mendeskrip­sikan duel bertajuk Superclasi­co de las Americas itu sebagai ”intisari rivalitas”. juga menganggap pertanding­an dua tim tersebut sebagai salah satu duel terbaik yang harus ditonton. Tak heran, meski labelnya sekadar uji coba, pertemuan Brasil versus Argentina di Melbourne Cricket Ground (MCG) petang nanti (9/6) diprediksi ditonton lebih dari 90 ribu orang. Sebagai catatan, MCG berkapasit­as 100.024 penonton. Juru bicara dari pertanding­an Geoff Jones menyatakan, hanya segelintir laga di The G –sebutan MCG– yang jumlah penontonny­a melebihi 90 ribu orang. Di antaranya, Liverpool versus Melbourne Victory (95.446 penonton pada 2013) dan Real Madrid melawan Manchester City (99.382 orang pada 2015).

”Kami sangat bangga karena Lionel Messi, salah satu pesepak bola terhebat di dunia, akan tampil di MCG untuk menjalani pertanding­an klasik melawan Brasil,” jelas Jones. ”Juga tak sedikit pemain top lain yang punya banyak penggemar di Australia,” katanya.

Itu bukan kali pertama Melbourne menghelat Superclasi­co de las Americas. Brasil dan Argentina juga memainkan laga Piala Emas 1988 di ibu kota Australia tersebut. Laga kala itu berakhir 0-0.

Rivalitas yang berusia 103 tahun tersebut tercatat sudah 32 kali dilangsung­kan di luar Brasil-Argentina. Sebelas kota di luar Amerika Latin pernah menjadi host, meliputi Benua Eropa, Asia, serta Amerika Utara. Praktis, hanya kota di Afrika yang belum pernah menjadi saksi laga sarat gengsi itu. ( dra/c23/dns)

 ?? MAL FAIRCLOUGH/AFP ?? ESPN ganizer event or-
MAL FAIRCLOUGH/AFP ESPN ganizer event or-
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia