Jawa Pos

Giroud Semakin Dipercaya

-

KETIKA Karim Benzema tersandung masalah pidana gara-gara pemerasan menggunaka­n video seks rekan senegarany­a di timnas Prancis, Mathieu Valbuena, Didier Deschamps langsung memercayak­an lini depan kepada bomber Arsenal Olivier Giroud untuk menyongson­g Euro di rumah sendiri tahun lalu. Sebuah pilihan yang mengundang tanda tanya dari fans Prancis.

Sebab, pada musim 2015–2016 performa Benzema tengah moncer dengan 28 gol dari 36 laga di semua kompetisi. Berbanding 24 gol dari 53 pertanding­an di semua ajang milik Giroud. Toh, selain Benzema, Prancis masih memiliki sosok penyerang tengah berkualita­s dalam diri Andre-Pierre Gignac, yang menceplosk­an 33 gol dalam 53 laga bersama raksasa Meksiko Tigres UANL di musim yang sama.

Namun, Giroud berhasil membungkam kritik tersebut dengan torehan tiga gol dan mengantar Prancis menjadi runner-up. Sepanjang 2016 pun pemain 30 tahun itu menceplosk­an delapan gol dari 14 pertanding­an. Itulah yang membuat Deschamps kembali memberikan garansi utama kepada Giroud pada tahun ini.

Meski begitu, situasinya sedikit berbeda. Jika tahun lalu Giroud merupakan andalan The Gunners, julukan Arsenal, di musim ini Giroud lebih sering menghabisk­an waktunya sebagai penghangat bangku cadangan. Di Premier League, meski mencatat 29 penampilan, hanya 11 kali dia memulainya sejak menit pertama.

Giroud kalah bersaing dengan bintang Cile Alexis Sanchez yang lebih sering dipasang sebagai bomber tunggal. Meskipun lebih sering menjadi pengganti, eks pilar Montpellie­r itu masih trengginas dengan menceplosk­an 12 gol dan berkontrib­usi 3 assist.

Ketika menggilas Paraguay 5-0 di uji coba (3/6), Giroud menyumbang hat- trick pada menit ke-6, 13, dan 69. Itulah yang menjadi dasar keyakinan Deschamps. ”Giroud tetaplah pencetak gol utama ka mi,” kata Des champs kepada L’Equipe. (apu/c9/tom)

 ?? FRANCK FIFE/AFP ?? target man MAKIN PEDE: Olivier Giroud berlatih bersama timnas Prancis untuk persiapan melawan Swedia Selasa (6/6).
FRANCK FIFE/AFP target man MAKIN PEDE: Olivier Giroud berlatih bersama timnas Prancis untuk persiapan melawan Swedia Selasa (6/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia