Jawa Pos

Ujian Perdana Advocaat-Gullit

-

ROTTERDAM – Menjabat untuk kali ketiga sebagai pelatih timnas Belanda, Dick Advocaat langsung dihadapkan pada tugas berat. Dia harus meloloskan Belanda ke Piala Dunia di Rusia 2018 mendatang.

Uji pertama bagi Advocaat dimulai ketika Belanda menjamu Luksemburg dini hari nanti WIB. Bagi Belanda, itu adalah pertanding­an keenam kualifikas­i Piala Dunia grup A zona Eropa.

Di klasemen sementara, Belanda saat ini berada di peringkat keempat dengan mengantong­i tujuh poin. Hasil dua kali menang dan sekali seri. Mereka berselisih enam poin dari pemuncak klasemen Prancis (13-7) dan tiga angka dari Swedia yang menghuni zona playoff (10-7).

Melihat gap poin dari peringkat pertama dan kedua yang sedemikian jauh pasti membuat semangat penggawa The Flying Dutchman, julukan Belanda, sedikit kendur. Namun, dalam konferensi pers sebelum laga pada Selasa (6/6), Advocaat menegaskan bahwa dirinya datang tidak untuk menyaksika­n Belanda hanya menjadi penonton tahun depan.

’’Ketika KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda) menawarkan kepadaku, aku tidak bisa menolak,’’ ujar Advocaat sebagaiman­a dilansir Football Oranje.

Advocaat pun semakin pede menatap laga melawan Luksemburg yang merupakan juru kunci grup A. Sebab, dia dibantu oleh gelandang legendaris AC Milan Ruud Gullit. Pelatih asal Suriname itu mengatakan, kedatangan­nya di tim Oranje, julukan lain Belanda, tidak sekadar memberikan masukan bagi Advocaat. Sebagai mantan pilar Belanda 1981–1994, dia bakal men jadi se macam mentor maupun psikolog bagi Arjen Robben dkk.

’’Aku bakal mencoba mengantisi­pasi dan mencoba mencari celah di mana aku bisa berinterak­si dengan sangat dekat dengan pemain,’’ kata Gullit sebagaiman­a diberitaka­n Football Oranje.

Terpisah, pelatih Luk semburg Luc Holts menyatakan bahwa kans pasukannya meno rehkan ke menangan perdana di kandang Belanda relatif kecil. ’’Namun, kami bakal memaksimal­kan setiap kesalahan yang dibuat lawan kami (Belanda),’’ ujar Holtsz kepada Essentiel. (apu/c19/tom)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia