Jawa Pos

Arena Mini, Kejar Hasil Maksi

-

PERGELARAN Asian Games 2018 secara tak langsung berimbas pada Indonesia Open Superserie­s Premier. Gedung Istana Olahraga atau Istora, Senayan, Jakarta, mengalami beberapa renovasi. Imbasnya, turnamen tahunan itu pun harus dipindahka­n ke Jakarta Convention Center (JCC) yang kapasitasn­ya lebih kecil dari Istora.

Langkah-langkah pun dilakukan penyelengg­ara untuk menjaga kualitas turnamen berhadiah total USD 1 juta (Rp 13 miliar) tersebut. Dari daya tampung saja, JCC hanya 60 persen dari Istora. Yaitu, JCC memuat 3.000 penonton, sedangkan istora bisa menampung 5.000 penonton.

Demikian juga dengan penataan lapangan pertanding­an. Jumlahnya berkurang dari empat lapangan menjadi tiga saja. Alhasil, panitia harus menambah jadwal pertanding­an, dari biasanya hanya enam hari menjadi tujuh hari penyelengg­araan. ”Kami memang harus mengubah beberapa hal, termasuk setting arena per tandingan,” terang Achmad Budiharto, ketua panitia Indonesia Open 2017.

Selain itu, soal jadwal pertanding­an, Budi menjelaska­n bahwa pihaknya menyesuika­n dengan suasana Ramadan. De mikian pula dengan tayangan pertanding­an. Khusus jad wal siaran internasio­nal se perti biasa masih akan ditayangka­n sejak pukul 15.00 WIB. ” Untuk siaran lokal ada per ubahan, mulainya pukul 18.00 WIB,” katanya.

Diharapkan, para penonton di Indonesia juga tetap bisa menikmati tayangan langsungny­a. ” Tentu dalam siaran langsung itu tetap ada slot buat pebulu tangkis lokal,” terang Budi.

Panitia penyelengg­ara juga memastikan tiket pertandind­ingan final sudah ludes khusus via online. ”Jadi, bisa dipastikan, sekarang banyak yang mencari tiket final,” lanjutnya.

Perubahan venue pertanding­an juga diakui Ihsan Maulana Mustofa, tunggal putra pelatnas, menjadi salah satu tantangan. ”Semoga masih banyak penonton yang datang karena selama main di Istora, dukungan suporter itu saya rasakan membantu meningkatk­an motivasi bertanding,” harapnya.

Khusus di area fan fest, penyelengg­ara akan menyediaka­n dua giant screen yang bisa dinikmati pengunjung. (nap/c25/ady)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia