Jawa Pos

FR Bulog Selesai Tiga Bulan

Pembebasan Lahan Akhirnya Dimulai

-

SURABAYA – Dua alat berat sudah didatangka­n di halaman Bulog Divre Jatim pagi kemarin (8/6). Pembebasan lahan untuk jalur penyangga atau frontage road (FR) akhirnya dimulai.

Dirut PT Rudy Jaya, kontraktor FR, Ibnu Ghofur girang dengan terselesai­kannya masalah pembebasan lahan Bulog. Dia sempat khawatir pengerjaan bakal molor karena menunggu rekomendas­i pusat. Selama ini pelepasan aset Bulog memang memerlukan proses birokratis hingga ke Kementeria­n BUMN dan Bulog pusat. ”Kalau begini bisa cepat,” kata dia.

Salah satu paket pekerjaan kontraktor adalah membuat jembatan di atas saluran antara Jemur Gayungan dan kantor Bulog. Tahun lalu bangunan milik warga dibongkar untuk membuat jembatan tersebut. Namun, tetap saja proyek tidak bisa dikerjakan lantaran sisi Bulog belum dibebaskan.

Setelah 1.414 meter persegi lahan Bulog dibebaskan, kontraktor berencana mengerjaka­n jembatan tersebut terlebih dahulu. Rencananya pengerjaan jembatan dimulai pekan depan. ”Setelah alat beratnya bisa masuk, pekan depan kita kerjakan,” lanjut dia.

Hingga kemarin, masih gedung ATM yang telah dirobohkan. Ada pos penjagaan dan satu baliho yang harus dibongkar sebelum kontraktor membuat jembatan.

Setelah pembongkar­an FR tuntas, kontraktor mulai membuat saluran dan jalur pedestrian. Puluhan box culvert atau beton gorong-gorong sudah terparkir di pinggir jalan sejak lama.

PLN juga bakal memindahka­n tiang listrik di depan kantor Bulog untuk kali kedua. Tahun lalu tiang listrik dipindahka­n untuk sementara karena lahan Bolog belum bebas. Pemindahan­nya sempat menghambat pengerjaan FR selama dua bulan. Namun, kontraktor telah berkoordin­asi dengan PLN. ”Saya jamin nanti tidak ada masalah. Pengerjaan tetap sesuai jadwal,” kata dia.

Di sisi utara, pengerjaan saluran masih terus dirampungk­an. Kontraktor tinggal menyambung saluran di depan Dinas Kesehatan Jatim ke saluran yang melintasi perkampung­an Jemur Gayungan. Pengerjaan itu bakal dilakukan dengan menutup FR selama tiga hari.

Ibnu memastikan penyambung­an saluran tersebut menunggu seluruh rumah warga dibebaskan. Sebab, dia telah memperkira­kan dampak penutupan tersebut bakal menimbulka­n kemacetan panjang. Karena itu, kontraktor harus membuatkan jalan alternatif sebelum penutupan.

Sementara itu, Humas Bulog Divre Jatim Andrew Ramadhan menyatakan, Bulog mendukung program pembanguna­n pemkot. Pihaknya juga berharap pengerjaan cepat terwujud. Dengan demikian, keluar masuk kendaraan ke Bulog tetap lancar. ”Kurang lebih selesai tiga bulan. Info dari kontraktor­nya,” kata dia. (sal/c10/oni)

Setelah alat beratnya bisa masuk, pekan depan kita kerjakan.” Ibnu Ghofur Dirut PT Rudy Jaya, kontraktor FR

 ??  ?? DITE SURENDRA/JAWA POS SEGERA DIGARAP: Pos penjagaan di depan kantor Dolog menunggu diratakan untuk proyek frontage road.
DITE SURENDRA/JAWA POS SEGERA DIGARAP: Pos penjagaan di depan kantor Dolog menunggu diratakan untuk proyek frontage road.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia