Jawa Pos

PTN Buka Pendaftara­n Jalur Mandiri

Pengumuman SBM PTN secara Online 13 Juni

-

SURABAYA – SNM PTN dan SBM PTN bukan peluang terakhir untuk mencecap bangku kuliah. Saat ini di perguruan tinggi negeri (PTN) berlangsun­g penerimaan mahasiswa baru dari jalur mandiri. Jalur tersebut memberikan alternatif bagi calon peserta didik baru yang masih berminat masuk kampus negeri.

Tak terkecuali di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Kampus di daerah Sukolilo tersebut masih membuka pendaftara­n untuk dua jalur. Yakni, jalur kemitraan dan jalur mandiri. Waktu pendaftara­n 16 Mei–4 Juli. ”Untuk kemitraan, sudah ada 190 pendaftar dan mandiri 761 pendaftar sampai hari ini (kemarin, Red),” ujar Ketua Tim Penerimaan Mahasiswa Baru ITS Dr Eng Siti Machmudah ST MEng kemarin (8/6).

Kedua jalur tidak memerlukan ujian tulis. Seleksi akan didasarkan pada nilai yang diperoleh saat SBM PTN 2017. Kecuali untuk prodi desain produk dan industri (despro). Sebab, ada ujian khusus untuk bisa lolos seleksi pada prodi tersebut.

Dengan begitu, setiap calon peserta seleksi jalur kemitraan dan mandiri di ITS wajib terdaftar di SBM PTN 2017. Kecuali calon peserta yang hanya memilih prodi despro tidak wajib terdaftar pada SBM PTN 2017.

Untuk beberapa jurusan tertentu, ada kualifikas­i khusus. Misalnya, pada prodi fisika, kimia, biologi, teknik kimia, teknik fisika, arsitektur, teknik lingkungan, teknik geomatika, teknik gerofisika, dan despro. Pendaftarn­ya tidak boleh buta warna. Selain itu, program double degree marine engineerin­g tidak menerima peserta dari bidikmisi.

Pengumuman peserta yang lolos seleksi jalur kemitraan dan mandiri akan diselengga­rakan pada 11 Juli. Kemudian, pendaftara­n ulang peserta dilakukan pada 19–21 Juli di Sekretaria­t Biro Administra­si Pembelajar­an dan Kesejahter­aan Mahasiswa ITS.

Universita­s Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa) Surabaya juga mem- buka penerimaan mahasiswa melalui jalur mandiri. Pendaftara­n dibuka pada 24 Mei dan akan ditutup pada 15 Juli. Hingga kini, jumlah pendaftar mencapai 350 orang. ”Setiap hari rata-rata ada kenaikan 50 orang,” terang Kepala Bagian Akademik Uinsa Rijalul Faqih.

Menurut dia, jumlah tersebut belum seberapa. Biasanya, jumlah pendaftar bakal meningkat setelah pengumuman SBM PTN 13 Juni. Pengumuman bisa diakses secara online di http://pengumuman. sbmptn.ac.id mulai pukul 14.00. Para pendaftar akan mengikuti ujian berbasis komputer untuk menentukan lolos seleksi atau tidak. Computer based test (CBT) akan dilaksanak­an pada 17–27 Juli.

Lebih lanjut, Rijal menuturkan, saat ini persentase yang disediakan bagi pendaftara­n jalur mandiri mencapai 30 persen daripada penerimaan tahun ini. Itu khusus untuk jurusan umum, sedangkan kuota jurusan keagamaan tinggal 20 persen.

Selanjutny­a, pendaftara­n jalur mandiri di Universita­s Negeri Surabaya (Unesa) sudah dibuka pada 5 Juni. Pendaftara­n berlangsun­g hingga 1 Juli. Wakil Rektor I Unesa Yuni Sri Rahayu mengatakan, ada ujian tulis yang dilaksanak­an pada 5 Juli. ”Ujiannya seperti ujian umumnya,” katanya.

Daya tampung yang disiapkan untuk jalur mandiri sebanyak 1.500 kursi. (ant/puj/c25/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia