Jawa Pos

Rp 400 Juta untuk Sentra PKL Gading Fajar

-

SIDOARJO – Solusi untuk PKL Gading Fajar satu per satu direalisas­ikan. Setelah membuat tempat relokasi sementara bagi penjual, pemkab berencana membangun sentra PKL. Total anggaran yang dibutuhkan untuk mewujudkan sentra PKL tersebut Rp 400 juta.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) M. Bahrul Amig, pemkab sedang berupaya merevitali­sasi kawasan Gading Fajar. Upaya yang sudah dilakukan adalah mengembali­kan fungsi fasilitas umum (fasum). Taman dan trotoar yang rusak lantaran ditempati PKL telah diperbaiki. ”Kami juga sudah memilih tempat relokasi agar PKL tetap bisa berjualan,” terangnya. ”Kami tidak menghilang­kan PKL. Kami justru menata pedagang,” lanjutnya.

Laki-laki yang dulu menjabat camat Taman itu menjelaska­n, dalam menata pedagang, pemkab melibatkan warga dan pedagang. Dengan begitu, penataan tidak menguntung­kan salah satu pihak. ”Semua keinginan dapat diako- modasi,” tuturnya.

Dia mencontohk­an keinginan pedagang untuk mendapatka­n tempat yang strategis. Dengan begitu, dagangan mereka bisa laku terjual. Sementara itu, warga mempunyai keinginan agar PKL tertata rapi. Tidak menjejali fasum dan jalan. ”Kami mengakomod­asi dua keinginan tersebut agar terealisas­i,” paparnya.

Saat ini, kata Amig, pihaknya mengajukan anggaran Rp 400 juta. Dana itu digunakan untuk membangun sentra PKL. ”Kami sudah ajukan di perubahan anggaran keuangan (PAK),” ucapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kasatpol PP Sidoarjo Widiyantor­o Basuki menyatakan, anggaran yang disediakan sangat sedikit. Sebab, dalam PAK kali ini, ada sejumlah kegiatan prioritas pemkab yang harus mendapatka­n anggaran lebih seperti penanganan banjir. Namun, pedagang tidak perlu resah. ”Sebab, pembanguna­n akan dilakukan bertahap,” ujarnya. (aph/c21/ai)

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? SEMENTARA: Lahan relokasi PKL Gading Fajar yang di tanah milik Mahkamah Agung. DLHK berjanji membangun sentra baru khusus PKL dengan anggaran Rp 400 juta.
GALIH COKRO/JAWA POS SEMENTARA: Lahan relokasi PKL Gading Fajar yang di tanah milik Mahkamah Agung. DLHK berjanji membangun sentra baru khusus PKL dengan anggaran Rp 400 juta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia