Jawa Pos

Transplant­asi Sebagian Kornea Mata

Operasi Pertama di Indonesia Timur

-

SURABAYA – Dunia medis di Surabaya semakin berkembang. Transplant­asi kornea mata telah dilakukan kemarin (8/6). Operasi tersebut adalah yang pertama di Indonesia Timur. Tidak seluruh kornea mata dioperasi. Hanya sebagian atau dalam dunia medis disebut lamellar keratoplas­ty.

Kurniawan, 44, kemarin menjalani operasi transplant­asi kornea mata kiri di RS Mata Undaan. Di mata kirinya itu terdapat jahitan yang begitu erat. Enam bulan lalu dia memang pernah menjalani operasi kornea di Kalimantan karena ada gangguan penglihata­n. Namun, pascaopera­si, kondisinya tidak membaik hingga akhirnya dia memeriksak­an matanya di RS Mata Undaan. Selain operasi transplant­asi kornea, tim dokter melakukan operasi katarak.

Dia mulai masuk kamar operasi pada pukul 12.00. Pada operasi tahap pertama, dr Dini Dharmawidi­arini SpM melakukan operasi katarak. Lensa mata Kurniawan keruh. ”Kataraknya ini karena ada komplikasi juga,” tuturnya.

Setelah membersihk­an kataraknya, Dini mempersiap­kan operasi untuk transplant­asi kornea. Awalnya, dokter memberikan tanda daerah yang akan dibuang dengan tinta biru. Tinta tersebut merupakan batas dan dapat dibersihka­n kembali. ”Tidak semua korneanya dibuang. Sebab, masih ada yang bagus,” paparnya.

Dini hanya memotong 2/3 ketebalan kornea Kurniawan. Karena di kornea tidak ada pembuluh darah, tidak ada pendarahan yang berarti. Setelah daerah yang dikehendak­i terpotong, Dini lantas melepaskan benang yang berada di tengah kornea Kurniawan. Benang tersebut akan mengganggu jika tetap berada di tempatnya. Menurut hitungan Jawa Pos, ada tiga benang yang dilepaskan.

Setelah itu, spesialis mata RS Mata Undaan itu mempersiap­kan retina mata donor. Retina tersebut diambil dari salah seorang donor yang enggan disebutkan namanya. ”Donor kornea itu harus dari orang yang sudah meninggal dan diambil paling lama 1 x 24 jam,” beber Dini.

Berbeda dengan transplant­asi organ yang lain, pada transplant­asi mata, tidak perlu tes kecocokan antara donor dan yang didonor. Tidak perlu tes darah juga.

Selama ini spesialis mata memang telah melakukan operasi transplant­asi kornea. Namun, yang dijalani Kurniawan hanya sebagian yang ditranspla­ntasi. ”Selain itu, ada penyulit katarak dan irisnya sudah geser,” jelas Dini. (lyn/c6/jan)

 ?? FERLYNDA/JAWA POS ?? SUKSES: Tim dokter mengoperas­i pasien Kurniawan di RS Mata Undaan.
FERLYNDA/JAWA POS SUKSES: Tim dokter mengoperas­i pasien Kurniawan di RS Mata Undaan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia