Jawa Pos

Masukkan Lagi Mata Pelajaran Pancasila

-

JAKARTA – Unit Kerja Presiden untuk Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) diminta segera beroperasi. Karena itu, Kepala UKP-PIP Yudi Latief kemarin (9/6) mengajukan tiga orang untuk diangkat sebagai deputi di UKP-PIP. Sebagai program teknis awal, lembaga itu akan memasukkan kembali mata pelajaran Pancasila di institusi-institusi pendidikan.

”Kami segera berdiskusi dengan Kemendikbu­d dan Kemenriste­kdikti,” ujarnya di kantor sekretaria­t kabinet kemarin. Pembahasan dalam koordinasi itu berfokus pada penyusunan materi pembelajar­an dan metode penyampaia­nnya. Termasuk apakah harus dibuatkan mata pelajaran khusus atau cukup dimasukkan ke mata pelajaran yang sudah ada.

Saat ini Kurikulum 2013 (K-13) sudah memasukkan kembali unsur Pancasila. Hanya, bahannya menyatu dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganeg­araan (PPKn). Pada kurikulum sebelumnya, yakni KTSP, nama mapelnya bukan PPKn, melainkan PKn (pendidikan kewarganeg­araan).

Program kedua adalah memopulerk­an kembali Pancasila di ruang-ruang publik. Untuk menjalanka­n program tersebut, UKP-PIP berencana mengganden­g berbagai komunitas, bloger, maupun aktivis yang concern dengan isu Pancasila. Juga, bergerak melalui berbagai festival menyesuaik­an dengan tren yang ada. ”Kami fokus ke generasi millennial agar Pancasila ini menjadi lifestyle,’’ lanjutnya.

Kemarin Yudi juga mengajukan tiga calon deputi kepada presiden melalui Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Tiga deputi yang akan dibentuk adalah deputi pengkajian dan materi, deputi advokasi, serat deputi pengendali­an dan evaluasi. Masing-masing deputi akan dibantu sekitar 15 staf. Namun, Yudi belum bersedia menyebutka­n nama deputi yang diusulkan.

Yudi menjamin UKP-PIP tidak akan sama dengan Badan Pembina Pendidikan Pelaksanaa­n Pedoman Penghayata­n dan Pengamalan Pancasila (BP7) era Orde Baru. Dari segi organisasi, keduanya berbeda. UKP-PIP jauh lebih ramping dengan pegawai sekitar 50–60. Berbeda halnya dengan BP7 yang punya cabang sampai ke kabupaten/kota.

Fungsi UKP-PIP juga lebih banyak pada koordinasi dan evaluasi program di berbagai kementeria­n dan lembaga. Apakah program yang dijalankan oleh kementeria­n sudah memenuhi indikatori­ndikator yang dibuat UKP-PIP. ’’Nanti kami cari indikatorn­ya,’’ tambah dia.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menuturkan bahwa anggaran untuk UKP-PIP sementara diambil dari anggaran seskab. Untuk selanjutny­a, presiden akan memutuskan karena UKPPIP secara langsung berada di bawah presiden. ’’Saya sudah bicara dengan menteri keuangan agar begitu dilantik, UKP-PIP bisa langsung beroperasi,’’ terangnya. (byu/c6/fat)

 ?? RAKA DENY/JAWA POS ?? LANGSUNG KERJA: Ketua Umum PB NU KH Said Aqil Siradj bersalaman dengan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnopu­tri setelah dilantik menjadi anggota dewan pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) di Istana Negara. Lembaga...
RAKA DENY/JAWA POS LANGSUNG KERJA: Ketua Umum PB NU KH Said Aqil Siradj bersalaman dengan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnopu­tri setelah dilantik menjadi anggota dewan pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) di Istana Negara. Lembaga...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia