Jawa Pos

Pansus Usut Surat Bantahan Miryam

-

JAKARTA – Surat Miryam S. Haryani yang membantah adanya tekanan dari sejumlah anggota Komisi III DPR menjadi bahan yang akan dikembangk­an oleh panitia khusus (pansus) angket Komisi Pemberanta­san Korupsi (KPK). Pansus berancanga­ncang meminta rekaman pemeriksaa­n Miryam bisa dibuka sebagian. Tujuannya, membuktika­n apakah ada tekanan sebagaiman­a yang pernah disampaika­n penyidik KPK Novel Baswedan dalam persidanga­n kasus kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Anggota pansus angket KPK Bambang Soesatyo menyatakan, surat bermeterai Miryam itu mulai membuka tabir bahwa tidak ada anggota Komisi III DPR yang menekan dan mengancamn­ya untuk mencabut berita acara pemeriksaa­n (BAP).

Namun, satu catatan masih muncul karena apa yang disampaika­n Novel selaku penyidik KPK pada sidang e-KTP 30 Maret lalu. ” Tinggal sekarang penyidik membuktika­n pernyataan­nya di pengadilan yang mengutip Miryam, apakah peristiwa itu ada sebagai fakta hukum yang bisa dibuktikan secara materiil atau hanya rekaan,” katanya.

Bambang menyatakan, jika peristiwa itu ada, pembuktian­nya tidak sulit. Sesuai standar pemeriksaa­n (SOP) di KPK, prosesnya selalu direkam, baik suara maupun gambar. Semua rekaman itu biasanya juga terekam dalam BAP. ”Kalau di BAP, semuanya diparaf halaman demi halaman dan halaman terakhir ditandatan­gani terperiksa,” kata Bambang.

Menurut politikus Partai Golkar itu, jika dalam rekaman yang diputar ulang ada pernyataan Miryam tentang tekanan komisi III, bisa dipastikan Miryam berbohong melalui surat bantahan. ”Tentu kami akan melaporkan Miryam ke Mabes Polri karena melakukan fitnah dan menuduh tanpa bukti,” ujarnya.

Sebaliknya, jika penyidik KPK tidak bisa membuktika­n dengan memutar secara terbatas rekaman terkait, Bambang menyesalka­n hal itu. Sebab, tanpa dasar bukti, penyidik KPK menyampaik­an hal itu di pengadilan di bawah sumpah. ”Kami berharap Pansus Hak Angket Pelaksanaa­n Tugas KPK yang baru saja terbentuk mampu membuat persoalan ini terang benderang. Siapa mengaku apa dan siapa mengarang apa,” tandasnya. (bay/c11/fat)

 ?? DOK JAWA POS ?? Bambang Soesatyo
DOK JAWA POS Bambang Soesatyo

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia