Jawa Pos

Operator Tambah Kapasitas Traffic

-

SURABAYA – PT Indosat Ooredoo memprediks­i ada tambahan jumlah pelanggan 3,5 juta orang di Jawa Timur pada momen Lebaran 2017. Penambahan jumlah pelanggan terkonsent­rasi di beberapa area, kecuali Surabaya.

Head of Region East Java, Bali, & Nusra PT Indosat Ooredoo Soejanto Prasetyo menyatakan, di Surabaya justru terjadi penurunan jumlah pelanggan karena penduduk Surabaya mudik ke kota lain. Traffic layanan komunikasi di Surabaya pun menurun 10–15 persen. ’’Jadi, kami justru siapkan upgrade kapasitas di area penyangga Surabaya,’’ ujarnya setelah acara buka puasa bersama Indosat Ooredoo dan media kemarin (9/6).

Di Madura, layanan komunikasi mengalami kenaikan permintaan 35–40 persen. Puncak penambahan jumlah pelanggan biasanya terjadi saat H-5 hingga H+5 Lebaran.

Jumlah pelanggan bisa bertambah lantaran akuisisi pelanggan baru maupun datangnya pelanggan existing dari kota lain yang aslinya berasal dari Jawa Timur (Jatim). Jumlah pelanggan Indosat Ooredoo saat ini mencapai 11 juta pelanggan per hari di Jatim.

Selain Indosat Ooredoo, PT Telekomuni­kasi Selular memprediks­i adanya tambahan jumlah pelanggan 5 juta orang pada momen Lebaran untuk wilayah Jawa, Bali, dan Nusra. ’’Paling banyak tambahan memang ada di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur,’’ ungkap Executive Vice President Telkomsel Area Jawa–Bali Ririn Widaryani.

Para pemudik biasanya bertahan di kampung halaman selama 10 hari sehingga permintaan layanan komunikasi terdongkra­k. Karena itu, Telkomsel menambah 121 BTS di Jatim. (vir/c14/noe)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia