Jawa Pos

Betah 9 Jam Eksperimen di Dapur

Nicky Tirta, si Papa ”Home Chef” Hingga tiga atau empat tahun lalu, wajah Nicky Tirta yang awet bocah masih sering menghiasi sinetron dan sejumlah FTV. Belakangan, dia menekuni hobi memasak hingga mempunyai program memasak sendiri di televisi. Ternyata, s

-

KAMIS pagi (8/6), kesibukan sudah terjadi di dapur rumah Nicky Tirta di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Dia sedang asyik menyiapkan beberapa jenis masakan sekaligus. Saat itu memang kebetulan ada pengambila­n gambar untuk

program acara memasak yang dipandunya. Dia begitu piawai menakar bahan, mengiris bawang dan daging, hingga menatanya di piring saji.

Di sela break, Nicky menceritak­an mulai suka masuk dapur saat SMA. Banyak keluarga Nicky yang berdomisil­i di Perth, Australia. Masa SD hingga SMP Nicky dihabiskan di Jakarta, lalu saat SMA mulai bolak-balik Jakarta–Perth. ’’Kalau di sini, mau makan gampang. Ada asisten. Atau jalan keluar rumah, banyak gerobak makanan. Di Perth nggak ada, kudu masak sendiri,’’ tutur Nicky mengenang.

Saat itulah, pria kelahiran 27 April 1983 tersebut mulai tertarik memasak. Setiap ada di televisi, Nicky selalu nonton. Di sana acara masak diputar saat Belajar secara otodidak dari TV dan majalah, Nicky kemudian mengambil short course memasak di TAFE Internatio­nal Western Australia.

Buat Nicky, yang membuatnya senang memasak adalah ketika orang yang menikmati masakannya merasa happy. ’’Masakan itu seperti karya seni. Ketika dinikmati, bisa dirasakan oleh pancainder­a, terutama lidah,’’ ungkapnya. Apalagi saat melihat ekspresi mereka yang benarbenar jujur. ’’Itu memacu saya untuk belajar masak lagi,’’ ucapnya.

Kembali ke Jakarta, Nicky melanjutka­n karir sambil kuliah

Tetapi, ilmu memasak terus dipraktikk­an. Sampai akhirnya, pada 2013 ada seorang teman yang membutuhka­n ide kreatif untuk program di televisi. Nicky mengusulka­n program memasak dengan menyodorka­n nama- daddy chef nama chef terkenal. Ternyata, pihak stasiun TV menawari Nicky untuk mengisi program tersebut. Jadilah program Dapur Nicky selama dua season.

’’Banyak yang mengkritik dan menganggap cuman aji mumpung, tapi itu semua saya jadikan masukan,’’ kata suami Liza Elly, Puteri Indonesia Lingkungan Hidup 2011, tersebut. Selesai program itu, Nicky kembali main sinetron dan film. Sampai kemudian, dia mendapat tawaran E-News Kitchen di NET. sejak akhir 2015. Nicky pun makin dikenal di dunia masak-memasak.

Nicky paling betah bereksperi­men di dapur. Kalau sudah mengulik resep, dia bisa sampai menghabisk­an sembilan jam. ’’Contohnya, pas ngulik brownies. Sebenarnya, nyobain 7 kali sudah enak, tapi saya mau lebih perfect lagi, jadi bikin lagi, bikin lagi,’’ ucap bersemanga­t.

Di sela syuting, ada suara imut memanggil. ’’ Daddy, aku mau nunjukin gambarku,’’ ujar Ellyna, putri cute- nya yang baru pulang sekolah. Nicky langsung memeluk gadis mungil itu sambil mendengark­an ceritanya dengan telaten. Menurut dia, Ellyna dari kecil memang suka bersosiali­sasi. Karakterny­a mirip sang istri.

Keluarga Nicky cukup concern terhadap makanan sehat. Terutama sang istri yang penikmat healthy food. Mendalami dunia memasak, pria yang kini laris jadi endorser dan ambassador produk makanan tersebut tahu cara menghasilk­an rasa lezat tanpa menggunaka­n bahan yang tidak diperlukan tubuh.

Untuk diri sendiri, Nicky tidak terlalu strict. Apalagi memang tugasnya mengeksplo­rasi berbagai macam masakan. Dia tidak membatasin­ya asal porsinya dijaga. Suatu hari, dia memandu program kuliner yang membuatnya harus mencicipi 12–15 makanan dalam sehari. ’’Besoknya langsung digeber treadmill dua jam,’’ ucapnya. (nor/c20/na)

 ??  ?? E-News Kitchen, dikit cooking show prime time. entertainm­ent broadcasti­ng.
E-News Kitchen, dikit cooking show prime time. entertainm­ent broadcasti­ng.
 ??  ?? NICKY TIRTA FOR JAWA POS KELUARGA SEHAT: Dari kiri, Nicky Tirta, Ellyna, dan Liza Elly. Nicky berusaha menerapkan pola makanan sehat buat keluargany­a.
NICKY TIRTA FOR JAWA POS KELUARGA SEHAT: Dari kiri, Nicky Tirta, Ellyna, dan Liza Elly. Nicky berusaha menerapkan pola makanan sehat buat keluargany­a.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia