Jawa Pos

Tantangan Jadi Yang Termuda

Han Jayanata Konsul Kehormatan Prancis di Surabaya

-

SURABAYA – Prancis kian mendekatka­n diri dengan Surabaya. Kemarin (9/6) Kedutaan Besar Prancis membuka kantor konsulat di ibu kota Jawa Timur tersebut. Tepatnya di Jayanata Plaza lantai 5. Duta Besar (Dubes) Prancis untuk Indonesia Jean-Charles Berthonnet datang langsung untuk meresmikan kantor yang terletak di Jalan Mawar Nomor 4-6 Surabaya itu.

Berthonnet ditemani Direktur sekaligus owner Jayanata Kosmetika Prima Han Jayanata. Han bukan tamu biasa. Sebab, acara tersebut sekaligus digelar untuk memperkena­lkan pria kelahiran 18 September 1985 itu secara resmi sebagai konsul kehormatan Prancis untuk Surabaya.

Alumnus Middlesex University London, Inggris, tersebut akan menjadi wajah Prancis di Kota Pahlawan. Han ditawari menjadi konsul kehormatan Prancis untuk Surabaya oleh mantan Dubes Prancis untuk Indonesia Corinne Breuze pada 2015.

Namun, proses seleksinya cukup lama. Suami dr Amelia Gonta Widjaja itu baru resmi menjabat Februari lalu. Dia pun menjadi konsul kehormatan termuda se-Surabaya. ”Saat bertemu Han dan istrinya, saya langsung setuju,” ujar Berthonnet.

Han dianggap cukup mengenal Prancis dan bisa menjadi jembatan agar negara yang terkenal dengan Menara Eiffel-nya tersebut lebih dikenal lagi di Surabaya. Di Indonesia, Prancis hanya memiliki dua konsul kehormatan. Satu lagi di Bali.

Han berancang-ancang fokus memperkena­lkan negeri yang beribu kota di Paris tersebut dari segi edukasi dan fashion. Kantor konsulat juga sengaja diletakkan di Jayanata Plaza agar Han mudah menangani bisnisnya sekaligus profesi barunya sebagai konsul kehormatan.

”Menjadi yang termuda itu beban sekaligus tantangan. Saya siap menjadi spons untuk belajar dan menyerap ilmu dari konsul yang lain,” ujar putra bungsu Mina Karina dan Beng Jayanata tersebut. (sha/c9/ttg)

 ??  ?? DITE SURENDRA/JAWA POS SEREMONI: Jean-Charles Berthonnet (kiri) membuka kantor Konsulat Prancis di Surabaya didampingi Han Jayanata kemarin.
DITE SURENDRA/JAWA POS SEREMONI: Jean-Charles Berthonnet (kiri) membuka kantor Konsulat Prancis di Surabaya didampingi Han Jayanata kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia