Jawa Pos

Penting untuk Mental Bertanding

-

MELBOURNE – Laga tadi malam WIB memang hanya berlabel uji coba. Brasil juga tidak menurunkan Neymar, Marcelo, Dani Alves, Mar qu inhos, Casemiro, dan Ro b e r to Fir mino. Na mu n , kemenangan tipis 1-0 di Melbourne Cricket Grounc (MCG) tetap penting bagi Argentina.

Sebab, laga tadi malam adalah debut bagi pelatih baru Tango –julukan timnas Argentina– Jorge Sampaoli. Gol penentu kemenangan Argentina dilesakkan pemain belakang Gabriel Mercado pada menit ke-45. Mercado adalah anak buah Sampaoli saat di Sevilla.

Sampaoli bisa menilai seberapa besar tekad anak asuhnya untuk menang. Meski tidak bermain indah, kemenangan tadi malam tetap menjadi tetenger penting. Terutama untuk mengatrol mental bertanding Argentina saat berlaga dalam kualifikas­i Piala Dunia 2018.

’’Masa persiapan kami sangat sempit. Namun, ada momen dalam pertanding­an ini saat pemain mencoba menerjemah­kan ide yang saya berikan,’’ papar Sampaoli kepada

Dalam laga tadi malam, Sampaoli mengutak-atik formasi 3-4-3 menjadi 3-4-2-1. Gonzalo Higuain dipasang sebagai targetman dengan ditopang Lionel Messi dan Paulo Dybala. Empat gelandang yang bermain di lini tengah Argentina adalah Jose Luis Gomez, Lucas Biglia, Ever Banega, dan Angel Di Maria.

Sementara itu, buat Brasil, kekalahan tersebut menodai rekor perfeito pelatih mereka, Adenor ’’Tite’’ Leonardo Bacchi. Sebab, sebelum dikalahkan Argentina, Tite berhasil menorehkan sembilan kemenangan beruntun. Namun, Tite menganggap faktor keberuntun­ganlah yang tidak berpihak kepada timnya. Sebab, ada sejumlah peluang yang terbuang sia-sia.

Misalnya, pada menit ke-22, kapten Brasil Philippe Coutinho yang sudah dengan kiper Argentina Sergio Romero gagal mengekseku­si peluang tersebut. Kemudian, pada menit ke-62, tendangan bomber Manchester City Gabriel Jesus masih membentur tiang kanan gawang. Bola bound berhasil disambar Willian. Tapi, tembakanny­a malah mengenai tiang gawang sisi kiri. (dra/c5/bas)

 ?? JOE CASTRO/EPA ?? Goal. one-on-one remarketin­g executive, ESPN
JOE CASTRO/EPA Goal. one-on-one remarketin­g executive, ESPN

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia