Jawa Pos

Perubahan pada Dua Pasangan

Ahsan Gantikan Fajar ke Kejuaraan Dunia

-

JAKARTA – Keputusan yang sulit harus diambil PP PBSI dalam menentukan skuad Indonesia di dua besar, Kejuaraan Dunia dan SEA Games 2017. Dua tersebut berlangsun­g beriringan pada Agustus mendatang. Sesuai dengan komitmen sebelumnya, dalam kejuaraan dunia, PP PBSI hanya akan menurunkan pebulu tangkis di tiga nomor. Yakni, tunggal putra, ganda putra, dan ganda campuran.

Pemerintah mengingink­an penggawa Pelatnas Cipayung harus bisa menyelamat­kan muka Merah Putih di dua event itu. ”Kami tentu ingin pebulu tangkis Indonesia bisa berprestas­i di dua

tersebut,” kata Kabidbinpr­es PP PBSI Susy Susanti.

Kepastian nama-nama itu sedikit berubah dari pebulu tangkis yang akan berangkat sebelumnya. Terutama di dua ganda, campuran, dan ganda putra.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akhirnya harus rela out dari kejuaraan dunia. Posisi pasangan ke-19 dunia tersebut akan digantikan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro.

Khusus Fajar/Rian, mereka selanjutny­a bakal diproyeksi­kan turun di SEA Games 2017 Malaysia. Secara usia, mereka menjadi pasangan termuda di ganda putra utama Pelatnas Cipayung.

”Pengalaman mereka akan semakin terasah di SEA Games. Saya melihat keduanya punya kans besar di sana,” terang Herry Iman Pierngadi, pelatih ganda putra pelatnas.

Sementara itu, Ahsan/Rian sebenarnya masuk sebagai reserve pertama. Dengan komposisi tiga pasangan ganda putra di kejuaraan dunia, Herry IP berharap mereka berpeluang kembali me- rajai turnamen level 1 tersebut.

Sebagaiman­a diketahui, Ahsan bersama Hendra Setiawan menjadi kampiun Kejuaraan Dunia 2015. Marcus/Kevin menjadi salah satu tumpuan utama dengan status mereka sebagai ganda putra nomor satu dunia. Angga/Ricky yang belakangan tampil kurang konsisten juga diharapkan bisa menebus kegagalan mereka. Di sisi lain, Ahsan/ Rian merupakan pasangan ketiga yang diproyeksi­kan memberikan kejutan.

Sementara itu, di ganda campuran, Ronald/Melati terpaksa ditarik karena penampilan keduanya terlihat menurun dalam sejumlah turnamen. Keduanya selanjutny­a diarahkan untuk memperkuat tim SEA Games. Sebelumnya, Ronald menerangka­n bahwa dirinya memang lebih berhasrat turun di ajang tiga tahunan Asia Tenggara tersebut. ”Ini akan menjadi SEA Games pertama kami. Peluang untuk merebut gelar lebih terbuka di sana,” katanya.

Di sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting akan turun bersama rekannya, Tommy Sugiarto. Anthony yang memberikan kejutan di Piala Sudirman saat mengalahka­n Viktor Axelsen dari Denmark diharapkan bisa menjadi salah satu kekuatan Indonesia di kejuaraan dunia kali ini. (nap/c24/ady)

 ??  ?? event event NURIS ANDI P./JAWA POS LATIHAN GEMBIRA: Pemain tunggal putra Jonatan Christie (kanan) dan pemain junior M. Rehan Diaz bermain sepak bola mini bersama tunggal putra lainnya dalam rangkaian latihan di Pelatnas PBSI Cipayung kemarin.
event event NURIS ANDI P./JAWA POS LATIHAN GEMBIRA: Pemain tunggal putra Jonatan Christie (kanan) dan pemain junior M. Rehan Diaz bermain sepak bola mini bersama tunggal putra lainnya dalam rangkaian latihan di Pelatnas PBSI Cipayung kemarin.
 ??  ?? event PBSI BERSATU LAGI: Mohammad Ahsan/Muhammad Rian Ardianto menjadi pilar Indonesia dalam Kejuaraan Dunia 2017 Agustus mendatang.
event PBSI BERSATU LAGI: Mohammad Ahsan/Muhammad Rian Ardianto menjadi pilar Indonesia dalam Kejuaraan Dunia 2017 Agustus mendatang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia