Jawa Pos

Pemanasan Sempurna untuk Tour de France

Foto Finis Tentukan Juara Etape 6

-

LA MOTTE SERVOLEX – Tanjakan hors categorie Chant du Montpada etape 6 Criterium du Dauphine akhirnya menggambar­kan dengan lebih jelas persaingan para kandidat kuat juara. Richie Porte (BMC) mengudeta Thomas De Gendt (Lotto Soudal) dari puncak general classifica­tion. Sedangkan juara Tour de France tiga kali Christophe­r Froome (Team Sky) mengancam di posisi kedua dengan defisit waktu 39 detik.

Balapan sepanjang 147,5 kilometer kemarin diakhiri dengan pertarunga­n sprint para climber.

Adu sprint berlangsun­g sejak 300 meter terakhir. Aru melepas Fuglsang untuk berduel dengan Porte dan Froome di saat yang tepat. Ketiganya kemudian bertarung sangat sengit menjelang garis finis. Dibutuhkan foto finis untuk menentukan pemenang karena jarak ketiganya memang sangat tipis.

Hasilnya, Fuglsang finis pertama, disusul Porte dan Froome. Balapan luar biasa seru, menjadi pemanasan yang sempurna menjelang Tour de France yang mulai berlangsun­g 1 Juli mendatang. ”Kami selalu apes tahun ini sebelum akhirnya semuanya berbalik dan tim kami menjadi sangat kompetitif menjelang Tour (de France),” ucap Fuglsang kepada Cycling News.

Froome akan senang dengan hasil balapan tadi malam karena Criterium du Dauphine adalah pemanasan yang tepat menjelang Tour. Sayang, dia tak mampu mencuri waktu lebih banyak daripada Porte di klasemen pembalap (GC). Masih ada dua etape tanjakan terakhir yang bisa dimanfaatk­an Froome untuk mengejar ketertingg­alan dari Porte. Namun, 39 detik memang cukup sulit untuk dikejar. ”Senang sekali bisa merebut jersey kuning. Tapi, aku tahu dua hari ke depan akan superberat,” kata Porte. (cak/c11/nur)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia