Jawa Pos

Pamerkan Indonesia lewat Karya-Karya

Semakin tinggi tempat, semakin banyak anak tangga yang harus dipijak. Perjuangan Komunitas Perupa Jawa Timur (Koperjati) untuk menembus pasar dunia sedang diuji. Wajar saja jika mereka melakukan tirakat.

-

PARA perupa Jawa Timur punya

Karya-karya terus dilontarka­n bak amunisi untuk berperang. Lewat karya, 40 perupa Jawa Timur yang tergabung dalam Komunitas Perupa Jawa Timur (Koperjati) siap berperang di negeri orang. Bukan sebagai ajang adu kepiawaian menggambar. Tapi, untuk mengenalka­n kebudayaan Indonesia ke dunia.

Tak ada karya yang sempurna. Itulah yang dibahas saat diskusi di sekretaria­t Koperjati beberapa waktu lalu. Diskusi tersebut berisi agenda evaluasi karya dari 40 seniman yang akan mengikuti pameran Art Culture (@ rtcult) di Dallas, Texas.

Artcult merupakan event kerja sama antara Koperjati dan Artists Showplace Gallery, Dallas. Kerja sama terjalin dari relasi yang dibangun antara para seniman di Indonesia, khususnya Jawa Timur, dan galeri tempat acara plus komunitas masyarakat Indonesia di Dallas. Pameran akan dihelat pada 9–23 September 2017.

Sebanyak 40 pelukis sudah melalui tahap seleksi internal yang dilakukan Koperjati

Ada juga pemilihan warna mencolok. Yakni, biru, merah, dan silver. Namun, warna-warna itu dikombinas­ikan dengan apik. Jadi tetap terlihat cantik.

Catherine memberikan trik. Salah satunya pada gaun berwarna biru dan silver. Dia memasukkan gradasi warna turunan dari biru ke silver dalam satu gaun. Jadi, gaun tetap terlihat elegan.

Seluruh gaun desain Catherine dibuat untuk wedding. Khususnya dalam acara resepsi. Sebab, perempuan yang sudah terjun di dunia desain selama 7 tahun itu ingin membuat perempuan jadi putri dalam semalam. Membentuk momen yang berkesan. Sehari untuk dikenang selamanya.

Keglamoran ala bangsawan juga terlihat dari pola gaun. Hampir semua gaun yang dirancang Catherine berbentuk ball gown dengan ekor menjuntai ke belakang. Kalau tidak begitu, ada pula tambahan cape yang membentuk gaun lebih elegan.

Aksesori bulu-bulu, mutiara, swarovksi, dan bordir berbentuk bunga diletakkan Catherine mulai ujung atas hingga bawah gaun. Dengan tambahan itu, Catherine ingin memperkuat kemewahan dalam gaun rancangann­ya.( bri/c15/dos)

 ?? GALIH COKRO/JAWAPOS ?? gawe.
GALIH COKRO/JAWAPOS gawe.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia