Jawa Pos

Periksa Parsel Jelang Lebaran

-

SURABAYA – Lebaran sebentar lagi. Untuk mempersiap­kan hari penuh berkah tersebut, Satgas Pangan Polrestabe­s Surabaya melakukan operasi parsel kemarin (9/6). Operasi itu merupakan aksi untuk mencegah pedagang nakal yang menggunaka­n bahan makanan kedaluwars­a dalam isian parsel.

Operasi tersebut dilakukan di Jalan Wali Kota Mustajab. Setelah melaksanaa­n ibadah salat Jumat, polisi langsung melakukan pe- meriksaan. Pertama, pemeriksaa­n itu dilakukan di salah satu toko di jalan tersebut.

Polisi mengambil sampel parsel paling besar. Satu per satu bahan makanan di dalamnya ditelisik. Hasilnya, polisi tidak menemukan adanya barang makanan kedaluwars­a di dalam parsel tersebut. Akan tetapi, polisi tetap menyita beberapa barang makanan yang terdapat di dalam parsel itu

”Beberapa memang kami sita terkait dengan izin Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) makanan tersebut,” ujar Kasubnit Tipidek Polrestabe­s Surabaya Ipda Hadi Ismanto.

Ada beberapa kemungkina­n mengapa izin edar terhadap makanan tadi tidak keluar. Pertama, izin tersebut sudah mati. Karena itu, otomatis sistem akan menganulir izin edar bahan makanan tersebut.

Kedua, izin edar tersebut masih diproses. Izin edar masih dicatat dalam database. Sementara itu, alasan terakhir adalah tidak memiliki izin sama sekali. ’’Nah, yang harus kami tindak adalah bahan makanan yang izin edarnya mati atau bahkan belum terdaftar,” tegas Hadi.

Dari tiga toko di Jalan Wali Kota Mustajab, polisi menyita sejumlah bahan makanan. Makanan tersebut didapat dari berbagai produsen yang berbeda. ’’Ada yang berbeda. Ada yang sama. Tapi, kebanyakan berbeda sih,” ungkap perwira dengan satu balok di pundak tersebut. (bin/c6/git)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ??
DIPTA WAHYU/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia