Jawa Pos

Tangkap Tiga Pelaku Balap Liar

-

SURABAYA – Aksi balap liar di metropolis masih menjadi perhatian Satlantas Polrestabe­s Surabaya. Jumat dini hari (9/6) tim satlantas menertibka­n aksi kebut-kebutan di kawasan Kenjeran.

Kali ini polisi bertindak represif. Razia tersebut berhasil menyita enam sepeda motor yang dijadikan gaco. Para pelaku balap liar juga ditangkap.

Seperti biasa, operasi diawali dengan pemetaan oleh petugas. Satlantas menerjunka­n personel untuk menentukan sasaran. Sebab, lokasi yang digunakan untuk kebutkebut­an memang tidak tetap di satu tempat. ”Mereka pasti berpindahp­indah karena mereka juga sudah awas kalau hendak dibubarkan,” ujar Kanit Turjawali Satlantas Polrestabe­s Surabaya AKP Ayip Rizal.

Ada beberapa tempat yang di- waspadai polisi. Salah satunya kawasan Dupak, Demak. Namun, kali ini tim mendapatka­n laporan tentang aksi kebut-kebutan di kawasan Kenjeran. ”Kenjeran juga termasuk wilayah rawan kebutkebut­an,” imbuh Ayip. ”Biasanya, balap liar itu mulai pukul 01.00. Tapi, kami tunggu beberapa jam untuk menunggu jokinya keluar,” imbuh perwira dengan tiga balok di pundak tersebut.

Benar saja, ratusan muda-mudi memblokade satu lajur untuk arena balap liar. Ketika polisi datang, mereka langsung semburat. Tapi, polisi tidak kalah gesit. Mereka berhasil membekuk tiga pelaku balap liar. Yakni IRW, RWN, dan KHL. Ketiganya masih di bawah umur.

Dari mereka, polisi menyita uang Rp 500 ribu. Uang tersebut ditengarai sebagai duit taruhan. Enam sepeda motor gaco juga disita polisi. ”Meskipun mereka masih di bawah umur, kami akan tetap menindak dengan memberikan tipiring,” tegas Ayip.

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan efek jera kepada pelaku. Polisi juga akan memanggil orang tua tiga anak yang terlibat kebut-kebutan itu. ”Sudah menjadi keresahan warga daerah sini. Selain menutup jalan, mereka sering mabuk-mabukan,” beber Ayip.

Operasi semacam itu bakal terus digalakkan Satlantas Polrestabe­s Surabaya. Rencananya, razia tersebut tetap berlangsun­g hingga beberapa hari menjelang Lebaran. ”Akan terus kami galakkan operasi seperti ini. Kami bertekad menciptaka­n Surabaya yang tertib dan nyaman,” tegas Ayip. ( bin/c11/fal)

 ??  ?? PROTOLAN: Polisi menyita sepeda motor yang menjadi gaco untuk balap liar di Kenjeran kemarin dini hari (9/6).
PROTOLAN: Polisi menyita sepeda motor yang menjadi gaco untuk balap liar di Kenjeran kemarin dini hari (9/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia