Jawa Pos

Sepuluh Siswa Dapat Nilai Hampir Sempurna

-

SIDOARJO – Hari ini (10/6) sebanyak 550 sekolah dasar (SD) negeri dan swasta mengumumka­n hasil ujian sekolah/ madrasah (US/M). Di Sidoarjo ada 33.830 siswa SD yang mengikuti US/M.

Sepuluh siswa mendapat nilai tertinggi se-Kabupaten Sidoarjo. Total nilainya 298. Tiga di antaranya siswa SDN Pucang I. Nilai ketiganya sama. Hampir sempurna. Mereka mendapat nilai 98 pada mata pelajaran bahasa Indonesia serta 100 pada matematika dan ilmu pengetahua­n alam.

Sementara itu, rata-rata nilai tertinggi diraih SDN Watutulis II. Dari 24 siswa yang mengikuti ujian di SDN tersebut, nilai rata-rata ujian bahasa Indonesian­ya mancapai 97,67, ratarata nilai matematika­nya 97,50, dan rata-rata nilai IPA 92,50. Total nilainya 287,67.

’’ Untuk secara keseluruha­n, nilai-nilai siswa ini jauh di atas harapan, baik-baik,’’ jelas Kepala Bidang Pendidikan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sidoarjo Abdul Munif. Namun, dia tidak bisa membanding­kannya dengan nilai tahun lalu. Sebab, sistem ujiannya berbeda. ’’ Tahun lalu 100 persen dari Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d),’’ katanya. Tahun ini soal yang dibuat Kemendikbu­d hanya 25 persen dari total keseluruha­n. Sebanyak 75 persen soal lainnya dibuat langsung oleh musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) setiap daerah.

Nilai US/M juga tidak menjadi penentu kelulusan siswa. Tetapi sebagai pertimbang­an sekolah. Ini sesuai dengan prosedur operasi standar (POS).

’’ Disebutkan bahwa kriteria peserta didik lulus dari US/M ditentukan satuan pendidik melalui rapat dewan pendidik,’’ jelas Munif. ’’ Nah, hari ini (kemarin, Red) sekolah-sekolah mulai menggelar rapat dewan pendidik,’’ tambahnya. (uzi/c15/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia