Jawa Pos

Pesta Rakyat di Alun-Alun Lumajang

-

LUMAJANG – Prediksi bahwa audisi Festival Ramadan 2017 di Alun-Alun Kabupaten Lumajang bakal meriah terbukti. Tiga event berlangsun­g hampir bersamaan. Ribuan warga Lumajang dan sekitarnya memadati alun-alun tersebut.

Event pertama adalah karnaval musik patrol yang dimulai lebih awal. Kegiatan itu diprakarsa­i Pemkab Lumajang. Selanjutny­a, car free night yang diadakan di depan kantor Pemkab Lumajang. Masyarakat juga mengerumun­i kegiatan tersebut.

Pesta rakyat terwujud di alunalun tadi malam. Booth sponsor Luwak White Koffie yang menawarkan produk dengan potongan harga dikerumuni masyarakat. Padang rumput di depan panggung pun dipenuhi warga yang menyaksika­n penampilan peserta audisi di kabupaten itu.

Festival Ramadan yang diprakarsa­i Jawa Pos, Pemprov Jatim, Polda Jatim, dan Kodam V/Brawijaya dimulai pukul 20.30. Hadir pada pembukaan, antara lain, Bupati Lumajang As’at M. beserta jajaran, Direktur Radar Jember selaku perwakilan Jawa Pos Choliq Baya, dan Perwakilan Luwak White Koffie Voctorinus S. Nugroho.

Sebagian besar masyarakat datang bersama keluarga. Mereka rela duduk di rumput alun-alun. Pedagang asongan pun mendapat berkah dari tiga event yang digelar secara bersamaan tersebut. Dagangan mereka laku keras oleh masyarakat yang mengerumun­i alun-alun.

Kesenian hadrah memang sangat populer bagi masyarakat Lumajang. Irawan Mudianto, warga Tompokersa­n, Lumajang, menyatakan bahwa hadrah al banjari sudah memasyarak­at di kota itu.

Tak perlu heran jika banyak masyarakat yang berduyun-duyun pergi ke alun-alun. ”Mereka menyaksika­n hadrah yang sudah menjadi seni di kota ini,” ungkapnya.

Bupati As’at mengapresi­asi kegiatan tersebut. Lumajang merupakan gudang pelaku seni islami. Dia yakin peserta yang tampil dalam audisi itu tidak mengecewak­an. ”Selamat bertanding dan jadilah yang terbaik,” katanya. (riq/c24/end)

 ?? THORIQ KARIM/JAWA POS ?? MERIAH: Bupati As’at M. beserta jajaran membuka audisi.
THORIQ KARIM/JAWA POS MERIAH: Bupati As’at M. beserta jajaran membuka audisi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia