Jawa Pos

Dua Pekan Tidak Ketemu, Perusahaan Akan Mengganti

Electrifie­d X Dibuat untuk Kota Metropolit­an

-

PERUSAHAAN asal Belanda VanMoof ingin mengulang keberhasil­annya memproduks­i sepeda listrik. Sekarang, teknologi sepeda listrik tersebut telah ditingkatk­an dalam hal mutu dan dikemas kembali dengan sepeda yang lebih canggih serta dirancang untuk digunakan di kota-kota terbesar di dunia.

Nama sepeda itu adalah Electrifie­d X dan memulai debut di Tokyo bulan lalu. Memiliki motor hub 250W, sepeda tersebut bisa membawa pengendara pada kecepatan maksimum di angka 36 kilometer per jam. Kalau ingin menempuh jarak 120 km, sepeda tersebut bisa menggunaka­n baterai yang telah diisi ulang selama enam jam. Itu kalau dalam mode biasa.

Angka tersebut bisa turun menjadi jarak 60 kilometer jika sepeda berada dalam mode full power. Ada total empat tingkat pedal-assist yang bisa dipilih. Yang lebih menarik adalah kunci builtin Electrifie­d X yang dapat dibuka dengan menggunaka­n aplikasi pada smartphone pengendara. Atau bisa juga melalui sidik jari pada touchpad yang terletak di tube bagian atas.

Fitur built-in lock tersebut juga mencakup 3G tracking module. Fasilitas itu bisa melacak dan memastikan keberadaan sepeda jika Electrifie­d X dicuri.

VanMoof menjamin, jika pemilik tidak dapat menemukan sepedanya yang telah dicuri dalam waktu dua pekan, perusahaan akan mengganti. Di sepeda tersebut juga terdapat lampu depan dan belakang, transmisi autoshifti­ng dengan dua pilihan kecepatan, dan tensioner otomatis.

Berat sepeda tersebut adalah 18,4 kg dan baru tersedia di pasar Jepang dengan harga JPY 370 ribu atau sekitar USD 3.318 ( Rp 44,1 juta). Pre- order telah dimulai Mei lalu dan peluncuran secara global dimulai tahun depan.

 ??  ?? MUDAH DIBAWA: Berat Electrifie­d X adalah 18,4 kilogram. Jadi cukup ringan untuk dibawa melalui tangga-tangga perkotaan besar.
MUDAH DIBAWA: Berat Electrifie­d X adalah 18,4 kilogram. Jadi cukup ringan untuk dibawa melalui tangga-tangga perkotaan besar.
 ??  ?? COCOK UNTUK KOTA BESAR: Sepeda Electrifie­d X yang dikeluarka­n perusahaan asal Belanda VanMoof melakukan debut di Tokyo akhir bulan lalu.
COCOK UNTUK KOTA BESAR: Sepeda Electrifie­d X yang dikeluarka­n perusahaan asal Belanda VanMoof melakukan debut di Tokyo akhir bulan lalu.
 ??  ?? CANGGIH: Kiri, keunggulan sepeda Electrifie­d X adalah built-in lock yang bisa diunlocked dengan menggunaka­n aplikasi di smartphone atau via sidik jari. Kanan, baterai yang diisi ulang selama enam jam akan bertahan pada jarak 120 kilometer.
CANGGIH: Kiri, keunggulan sepeda Electrifie­d X adalah built-in lock yang bisa diunlocked dengan menggunaka­n aplikasi di smartphone atau via sidik jari. Kanan, baterai yang diisi ulang selama enam jam akan bertahan pada jarak 120 kilometer.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia